Slamet Budiono, Ketua KTK saat memberikan bantuan sembako. (SP/CAN)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Polresta Kediri bersama Komunitas Trail Kediri (KTK) memiliki cara sendiri dalam memperingati HUT Bhayangkara ke 72 dan Deklarasi Anti Hoax, Minggu (29/4/2018) kemarin. Keduanya menggelar bakti sosial (baksos) di lima desa dengan cara memperbaiki jalan rusak dan memberi sembako bagi warga sekitar.

Saat baksos perbaikan jalan, seluruh peserta trail yakni dari Polresta Kediri, KTK, Kodim 0809 Kediri, Brigif 16 Wirayudha Kediri dan komunitas masyarakat lainnya memperbaiki jalan menuju wisata andalan Kabupaten Kediri Air Terjun Ironggolo dan Air Terjun Dolo di Desa Jugo, Kecamatan Mojo.


Para rider yang menaiki motor trail dengan start di lereng Gunung Wilis langsung turun tangan untuk memperbaiki jalan rusak akibat tergerus air hujan. Selain memasang geronjong yang berisi batu, juga menguruk tepi jalan yang sebelumnya longsor dengan menggunakan tanah urug.


Setelah memperbaiki jalan rusak, baksos dilanjutkan dengan membagikan 350 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di Dusun Secang, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.


Kapolresta Kediri, Anthon Haryadi mengatakan, Polri merangkul semua komunitas termasuk KTK dalam rangka perang melawang berita hoax dan rangkaian baksos. Hal ini penting dalam rangka menjaga stabilitas keamanan pada gelaran Pilkada serentak 2018.


"Baksos ini merupakam wujud kerjasama kami dengan KTK. Kami memperbaiki jalan rusak dan memberikan sembako kepada warga kurang mampu," ungkap AKBP Anthon Haryadi.


Sementara itu, Wakil Direktur SDM PT Gudang Garam Tbk Kediri Slamet Budiono yang juga menjadi Ketua KTK mengaku, program baksos tersebut memang sengaja diberikan secara langsung ke masyarakat.


"Program baksos ini berupa sarana jalan dan sarana pembagian sembako ke lima desa. Dan bahkan kita bekerjasama dengan PT GG dan Polresta Kediri sudah kesekian kali," kata Slamet Budiono, Ketua KTK sekaligus Wakil Direktur SDM PT Gudang Garam Tbk Kediri.


Sedangkan lima desa tempat baksos ini antara lain, Desa Surat, Keniten, Petok dan Jugo yang ketiganya berada di Kecamatan Mojo. Untuk dua desa lainnya yakni di Kecamatan Semen yaitu, Puhrubuh dan Petok.


"Bantuan ini kita berikan sesuai dengan permintaan warga sekitar. Seperti hari ini kami membagikan sembako, karena ada permintaan dari masyarakat. Program kami mensesuaikan kebutuhan masing-masing daerah. Mungkin kalau ada permintaan renovasi masjid dan sarana prasana kita sambut baik," imbuh Slamet Budiono yang saat ini tren disapa Pak SB. Can