SURABAYAPAGI, Jember – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan cipta kondisi jelang ramadhan, Polres Jember Kamis pagi menggelar Operasi Patuh Semeru 2018.

Sasaran Operasi Patuh Semeru antara lain, pengemudi yang menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan helm berstandar nasional Indonesia, melawan arus, pengemudi dan penumpang roda empat yang tidak mengenakan safety belt, serta pengemudi di bawah umur.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, operasi ini digelar secara rutin bersama Sub Denpom dan Dinas Perhubungan. Dalam operasi yang digelar hingga 9 Mei mendatang ini, polisi langsung melakukan penindakan dengan tilang, berbeda dengan Operasi Simpatik yang mengedepankan pemberian teguran. Operasi ini juga untuk mengantisipasi kerawanan di jalan raya karena kecelakaan lalu lintas biasanya diawali dengan pelanggaran lalu lintas.

Kapolres menambahkan, target Operasi Patuh Semeru 2018 adalah menciptakan situasi keamanan kelancaran berlalu lintas, terutama menekan angka kecelakaan lalu lintas.ndik