SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya di tahun ini penjualan kendaraan secara wholesales atau dari pabrik ke diler, menembus angka 100 ribu unit. Hal itu tercapai pada bulan ketiga di 2018.

Meski demikian, angkanya tetap lebih rendah sekitar seribuan unit dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi penjualan produk otomotif di Indonesia belum membaik.

Dari semua segmen yang tersedia, hatchback atau mobil tanpa ‘buntut’ menjadi salah satu yang menarik untuk disimak angka penjualannya.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan wholesaleshatchback pada Maret 2018 tercatat 3,3 ribuan unit. Lebih rendah 200-an unit dari bulan yang sama di tahun sebelumnya.

Pada data tersebut, tampak penjualan Honda Jazz terus menunjukkan penurunan. Dari seribuan unit di Januari, menjadi hanya 734 unit di dua bulan setelahnya.

Sementara, Toyota Yaris yang baru saja mendapat ubahan sukses menempati peringkat pertama, dengan angka penjualan 1.287 unit.

Yang cukup mengagetkan adalah Suzuki Baleno Hatchback. Mobil baru yang dulunya berbentuk sedan ini laku 849 unit. Padahal, bulan sebelumnya hanya terjual 311 unit.