Satlantas Polrestabes Surabaya, Kamis (3/5) pagi menggelar operasi patuh semeru di jalan Darmo. (SP/ARLANA)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Satlantas Polrestabes Surabaya, Kamis (3/5) pagi menggelar operasi patuh yang dititik beratkan pada pengguna motor di jalan Darmo, depan Taman Bungkul Surabaya.


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia. Dalam operasi kali ini, Polisi bekerjasama dengan Instansi terkait seperti Dinas Perhubungan kota Surabaya, Polisi Militer Gartap III Surabaya, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Surabaya.


Pandia menjelaskan,dalam operasi kali ini,pihaknya menjaring ribuan pengendara dan ratusan pelanggar yang diantaranya tak memiliki kelengkapan dokumen berkendara seperti SIM.


"Kami lakukan operasi ini,hasilnya sementara sudah ada ratusan pelanggar hari ini," kata Pandia,Kamis (3/5) pagi.


Selain sasaran pengendara yang tak memiliki kelengkapan surat,polisi juga melakukan himbauan terhadap pengendara yang merupakan anak-anak.


"Kami juga berikan peringatan dan penindakan terhadap beberapa pengebdara yang masih anak-anak. Tidak memiliki dokumen kelengkapan, pengendara kami tepikan dan berikan himbauan," imbuhnya.


Dalam operasi kali ini, setiap pengendara yang ditilang juga dapat langsung disidangkan ditempat.


"Kami juga lakukan tindakan sidang ditempat untuk para pelanggar, ada hakim dan panitera dari pengadilan yang juga turut serta dalam kegiatan kali ini," beber lulusan AKPOL 2000 itu.


Dari data kepolisian, hingga hari ini sejak 26 Maret lalu sudah ada 11 ribu pelanggar yang terjaring operasi patuh 2018. Dominasi pelanggaran adalah pelajar yang tak melengkapo surat berkendaranya. Pandia juga meminta kepada orang tua agar mengawasi dan tidak memberikan kendaraan bermotor pada anak-anak yang masih dibawah umur.fir