Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo bersama Dirlantas Kombes Pol.Heri Wahono saat mengecek kesiapan jalur tol di Wilangan Madiun. (SP/NT)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Upaya kesiapan untuk ntuk menyambut lebaran masih beberapa bulan, tapi pihak kepolisian melakukan Pengecek kesiapan jalur mudik di ruas Jalan Tol Surabaya-Ngawi. Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo menyampaikan sejumlah poin penting terkait jalur tol tersebut.


"Alhamdulillah, meski masih ada kekurangan disana-sini. Kita masih punya cukup waktu untuk melangkapi," kata Widodo didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jatim, Jumat (4/5/2018).

Widodo menyebut, hasil pantauannya tersebut akan menjadi bahan evaluasi dalam waktu dekat. "Hasil evaluasi ini akan kita bahas bersama, duduk sama-sama. Baik Polda Jatim, Departeman Perhubungan, instansi terkait seperti pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten," tambahnya.

Sehingga, lanjut Widodo, diharapkan masyarakat bisa nyaman dalam melaksanakan kegiatan arus mudik maupun balik. Sebab menurutnya, ruas jalan tol Surabaya-Ngawi ini relatif baru dioperasionalkan di tahun ini. Tentu dalam rangka menyongsong arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

"Kita mengacu pengalaman dari pemberlakuan ruas-ruas tol baru ditempat lain. Jabar, Jateng, jalur pantura, tengah, selatan. Dengan pengalaman itu supaya kita bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Karena biasanya jalan tol baru diberlakukan itu, nyaman, kecepatan tinggi, kemudian lupa akan keselamatan," paparnya.

Widodo menjelaskan, pihaknya sudah menyampaikan agar rambu-rambu lalu lintas sebagai peringatan terhadap pengendara, untuk segera dipasang dan difungsikan. "Tadi saya lihat masih agak kurang. Nanti mungkin pengelola jalan tol yang akan memasang. Sehingga masyararakat yang nanti berkendara saat mudik atau balik bisa selamat, karena adanya rambu-rambu yang memadai," tegasnya.

"InsyaAllah, H-10 lebaran, jalur tol (Surabaya-Ngawi) ini, semua bisa difungsikan. Termasuk yang tadi, di Jembatan Kalikunto, InsyaAllah bisa meskipun nanti baru 1 jalur," pungkas Widodo.nt