Kapolres Jember Bersama Tim Satgas Pangan sidak pasar.

SURABAYAPAGI.com,Jember-Menjelang Bulan Ramadhan beberapa hari lagi kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) dikhawatirkan meningkat. Sebagai langkah antisipasi, Tim Satgas Pangan Kabupaten Jember melakukan sidak ke sejumlah pasar untuk memantau ketersediaan stok dan fluktuasi harga.

Dari sidak yang dilakukan tersebut, diketahui kenaikan harga sembako masih relatif stabil. Terkait lonjakan harga yang terjadi masih dinilai normal. Namun upaya pengendalian yang dilakukan Tim Satgas Pangan Kabupaten Jember akan terus dilakukan, bahkan sampai pada tingkat pemantauan di sejumlah pasar tingkat kecamatan.

Polres Jember AKBP Kusworo Wibowo yang memimpin langsung sidak pasar tersebut menyampaikan, dari pantauan sidak yang dilakukan di sejumlah pasar, untuk harga sembako masih relatif stabil, dan stok masih terpenuhi.

“Sidak yang kami lakukan bersama Pemkab Jember dan Bulog, pantauan harga sembako relatif stabil,” ujar Kusworo kepada sejumlah wartawan, Rabu pagi (9/5).

Dari sidak tersebut diketahui, untuk harga beras IR 64 Rp10.000 per kilogram, telur ayam Rp24 .500 per kilogram, harga daging sapi Rp110.000 per kilogram, bawang merah Rp40.000 per kilogram, dan bawang putih masih Rp18.000 per kilogram. Sementara untuk harga bahan pokok yang lain, juga terpantau masih stabil.

“Namun ini akan terus kita pantau, yang penting kita monitor tidak ada penimbunan, ataupun permainan (pedagang) terkait sembako. Sehingga tidak sampai terjadi kenaikan yang signifikan. Bahkan untuk stok juga masih melimpah,” katanya.

“Bahkan untuk beras, (kebutuhan) sampai 20 bulan ke depan, Insya Allah masih aman,” imbuhnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Jember Mirfano menyampaikan, pihaknya nantinya akan terus melakukan pemantauan dan sidak terkait pemantauan harga sembako tersebut.

“Bahkan sidak yang kami lakukan nantinya, akan terus dilakukan hingga (pasar-pasar) di tingkat kecamatan. Disperindag juga akan melakukan kegiatan operasi pasar, sehingga harga sembako ini diharapkan terus stabil,” ujarnya. ndik