Mendag Enggartiasto Lukito saat disodori buah Durian oleh Camat Songgon, Wagiarto.

SURABAYAPAGI, Banyuwangi- Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito mewanti-wanti kepada warga agar tidak menjual tanahnya. Hal tersebut disampaikan saat Mendag mengunjungi lokasi ‘Mini Botani’ Kampung Durian di Dusun Sembaur, Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Kamis (10/5).

“Tolong saya titip. Jangan jual tanah. Jangan tertipu oleh kenikmatan sesaat. Biar warga yang membangun dan mengolah tanahnya sendiri. Saya ini mantan pengusaha real-estate. Kalau boleh saya beli tanah ini. Tetapi saya menahan diri. Biar warga yang sendiri yang mengolah dan memiliki,” kata Mendag Enggartiasto.

Di lokasi yang dikelola warga tersebut, Mendag Enggartiasto dan rombongan sempat menikmati buah Durian asli Songgon, yang menurutnya tidak kalah dengan jenis Durian Montong yang sudah terkenal itu.

“Benar. Tadi saya sudah merasakan sampai empat jenis durian asli sini. Semuanya enak dan tidak kalah dengan Durian Montong. Karena itu, ini harus dikelola dan dikembangkan dengan baik. Dan ini bisa menjadi destinasi wisata tersendiri,” tandasnya.

Setelah sempat berdialog langsung dengan para pengusaha Industri Kecil Mikro (IKM) yang juga menggelar hasil produknya, Mendag Enggartiasto kemudian mengakhiri kunjungan di lokasi tersebut untuk melanjutan kegiatan dialog dengan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banyuwangi di Hotel El-Royale.

Sebelum meninggalkan lokasi, dengan didampingi Camat Songgon, Wagiarto, Mendag Enggartiasto sempat melakukan penanaman pohon Durian Merah.budi