Bupati H Fadeli bersalaman dengan Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan usai penandatanganan MoU. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Bendung Gerak Sembayat Gresik telah selesai dibangun dan akan segera dioperasikan. Bupati Fadeli ingin keberadaannya memberi manfaat bagi masyarakat Lamongan.

Terkait itu, Pemkab Lamongah telah mengikat kerjasama dengan BUMN, Perum Jasa Tirta I. Penandatanganan nota kesepahaman bersama di bidang penyediaan pengembangan air bersih melalui SPAM dan kegiatan lainnya itu dilakukan di Guest House Pemkab Lamongan, Selasa (15/5).

Fadeli menegaskan agar nota kesepahaman bersama itu segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata. Sudah harus langsung direalisasikan demi kesejahteraan masyarakat Lamongan.

“Saya tidak ingin Lamongan hanya jadi penonton. Bendung Gerak Sembayat Gresik ini harus dimanfaatkan sebagai air baku untuk ketersediaan air bersih masyarakat Lamongan, “ ujar Fadeli.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menurut Fadeli kemampuannya masih terbatas. Sehingga perlu menggandeng Perum Jasa Tirta I untuk meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih dengan mengambil air baku dari Bendung Gerak Sembayat Gresik.

Sementara Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan yang hadir secara pribadi mengungkapkan bahwa selama ini Perum Jasa Tirta telah mengoperasikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sekaran dan SPAM Brondong.

“SPAM Sekaran melayani 3.532 Sambungan Rumah (SR) dengan kecepatan 30 liter per detik. Sedangkan SPAM Brondong melayani 49 Sambungan Rumah dan 8 Sambungan Industri, “ ungkap Raymond.

Raymond menyebutkan bahwa Perum Jasa Tirta juga telah mengelola Bendung Babat Barrage dan Plangwot Sedayu Lawas. Menurutnya, pada pengembangan selanjutnya, jangkauannya akan diperluas dengan mengambil air baku dari Bendung Gerak Sembayat Gresik.

Rencananya pada SPAM Brondong akan ditambah sambungan untuk usaha komersil. Kemudian untuk pengembangan wilayah tengah menggunakan IPA Karangbinangun untuk melayani Kecamatan Glagah, Deket dan Lamongan.

Ruang lingkup kerjasama itu tidak terbatas pada penyediaan air bersih saja. Namun meliputi pula kegiatan lain yang memberi manfaat bagi masyarakat Lamongan.

Seperti pengembangan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), laboratorium kualitas ir/lingkungan, instalasi pengolahan air bersih, dan kegiatan lainnya yang memberi manfaat bagi masyarakat Lamongan.jir