SURABAYAPAGI.com, Karibia - Banyak negara yang terkenal karena kecantikkan pantainya, tapi berbeda dengan Karibia yang meraih ketenaran karena memiliki beberapa gua paling eksotis di planet ini. Kalau kamu bosan travelling ke alam terbuka, maka menikmati keindahan dalam gua bisa jadi pilihan.

Karibia sendiri merupakan pulau-pulau yang terbentang menuju Selatan dari Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan. Karena itulah Karibia kaya akan garis pantai, pulau kecil, gua dan karang. Sepuluh potret gua di bawah ini adalah bukti bahwa alam menyimpan keindahan bahkan di tempat yang tersembunyi sekali pun.

Langsung saja deh kamu lihat!


1. Gua Cayman Crystal



Gua Cayman Crystal memiliki tiga akses masuk dengan formasi yang indah. Kamu bakal dibuat terkagum-kagum pada keindahan stalaktit dan stalagmit yang bercermin langsung pada air jernih di dasar gua. Suasana gua tak terlampau gelap karena terdapat lubang langit-langit terbuka yang cukup besar yang berpadu dengan pemandangan akar pohon raksasa.

Setelah pemandu membawamu tur ke dalam gua, kamu bisa pula luangkan waktu untuk berjalan melewati hutan tropis yang berada tepat di atas gua.

2. Gua Crystal, Bermuda



Banyak gua bawah tanah yang memiliki kolam cantik dan hanya bisa dilalui dengan berenang atau mendayung. Tetapi gua Crystal menyuguhkan nuansa berbeda karena kamu bisa berjalan di atas air sambil menikmati langit-langit gua yang eksotis.

Jembatan rakit dari ponton terapung ini dirancang untuk melintasi air jernih di dasar gua. Airnya yang sangat jernih memantulkan formasi langit gua yang berada pada ketinggian hampir 50 meter di bawah permukaan air.

3. Gua Fontein, Aruba



Gua Fontein yang terletak di dalam Taman Nasional Arikok adalah salah satu pesona utama dari Aruba. Gua berbatu kapur kecil ini tidak menampilkan formasi besar, tapi ia menawarkan kesan artistik tersendiri dan sejarah masa lalu.

Saat kamu menelusuri dinding dan langit-langit dengan cermat, kamu bakal menemukan pictographs dari orang Caquetio serta grafiti dari pemukim awal Eropa.

4. Gua Animal Flower, Barbados



Gua Animal Flower ini menghadap ke arah laut dan terdapat di bawah tebing North Point yang indah. Gua yang menjadi objek wisata unggulan di Barbados ini mendapatkan namanya dari anemon laut yang hidup di lantai karang gua. Gua laut ini juga memiliki kolam batu alam yang cukup dalam bagi para wisatawan yang ingin menikmatinya sambil berenang.

5. Gua Conch Bar, Turks and Caicos



Terletak di Taman Nasional Middle Caicos, batu kapur gua Conch Bar ini memiliki sistem gua air terbesar di Turks dan Caicos. Kepulauan Turks dan Caicos adalah sebuah wilayah yang terdiri dari 40 pulau tropis di Karibia

Gua Conch Bar adalah rumah bagi beberapa spesies kelelawar dan krustasea asli. Namun, kekurangan gua ini adalah tidak memiliki jalan akses yang nyaman seperti objek wisata gua lainnya di Karibia.

Untuk itu kamu wajib menyewa pemandu untuk mengarahkan petualanganmu di gua ini. Pemesanan dapat dilakukan melalui Middle Caicos Co-op.

Itu dia beberapa gua menakjubkan yang dimiliki Karibia. Buat kamu yang belum pernah nyoba masuk ke dalam gua dan punya statement kalau gua itu menakutkan, sekarang udah berubah pikiran kan? Kalau guanya seindah ini, siapa pun pasti ingin mengunjunginya! (idn)