SURABAYAPAGI.com - Bukan hal baru lagi jika acara bukber (buka bersama) di bulan suci Ramadan menjadi ajang reuni teman lama dari SD, SMP hingga SMA. Terkadang acara tersebut bisa berhasil, walau pun yang datang hanya sedikit dan bisa jadi gagal karena sulitnya menentukan waktu yang tepat.

Nah, berikut ini adalah 5 tips yang akan membuat acara bukber kamu sukses dan tidak lagi hanya sekadar wacana forever. Simak ya!

1. Kumpulkan kontak teman-teman



Tidak harus nomor ponsel mereka. Karena lama tidak bertemu mungkin nomor ponsel mereka sudah diganti. Kamu dan kawan lamamu pasti saling terhubung dengan media sosial, bukan?

Nah, kamu bisa memanfaatkannya, mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram untuk memberikan informasi kepada mereka mengenai adanya acara bukber.

2. Membentuk panitia



Pembentukkan panitia sangat diperlukan dalam menggelar acara apapun untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. Untuk acara bukber bersama teman-temanmu, tidak perlu dengan pembentukkan panitia besar-besaran, cukup sederhana saja.

Tentukan siapa temanmu yang pantas menduduki beberapa kepengurusan panitia seperti ketua panitia, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi acara maupun seksi konsumsi. Dengan adanya pembentukkan panitia diharapkan teman-teman yang diundang akan menganggap acara bukber tersebut penting dan terorganisir sehingga tanpa ragu mereka akan datang.

3. Buat susunan acara



Setelah pembentukkan panitia, saatnya membuat susunan acaranya. Hal ini penting dilakukan agar acara bukber bersama kawan lama tidak membosankan, hanya duduk mengobrol menunggu adzan maghrib, makan bersama kemudian selesai. Kamu bisa menambahkan acara kultum, tadarus, salat berjama’ah dan sebagainya.

4. Menentukan lokasi yang strategis



Tentukan lokasi acara bukber yang sekiranya mudah dijangkau. Apalagi saat bulan Ramadhan menjelang adzan Maghrib jalanan dimana-mana pasti macet. Kamu pasti tidak mau jika tempat acara bukber sulit untuk dijangkau, ditambah lagi dengan terjebak macet dan kamu jadi gagal datang ke acara bukber, bukan? Satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Booking tempat terlebih dahulu, ya.

5. Pastikan harinya pas



Beberapa teman cocok dengan hari yang ditentukan, beberapa lagi tidak. Hal ini menjadi salah satu alasan gagalnya acara bukber. Tentukan hari yang tepat, sehingga banyak teman yang akan datang. Waktu yang paling aman adalah saat weekend, karena biasanya mereka sudah tidak lagi disibukkan dengan urusan pekerjaan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan supaya acara bukber kamu sukses dan berkesan. Good luck, ya!