All New KIA Rio.

SURABAYAPAGI.com - Persaingan mobil hatchback semakin ramai dengan kehadiran Kia Rio di dalam negeri. Generasi terbarunya tampil lebih segar dalam ajang otomotif, Indonesia International Motor Show pada Oktober 2017.

Namun nyatanya, penjualan kendaraan tersebut tak selaris dengan para pesaingnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor, distribusi Kia Rio pada periode Januari-Maret hanya mencapai 38 unit.

Sementara, April 2018 tak ada satu unit Kia Rio yang berhasil dijual oleh pabrikan. Berdasarkan penelusuran VIVA, sejumlah diler Kia menjual mobil tersebut dengan kode produksi 2017. Diskon hingga puluhan jutaan rupiah pun diberikan ke konsumen.

“Stok kita sekarang sudah mau habis, Rio tahun 2017. Ada diskon besar, untuk versi manual diskon Rp30 jutaan dan matik Rp20 juta," kata seorang tenaga penjual mobil Kia, yang enggan disebut namanya, Rabu 23 Mei 2018.

Ia mengklaim seluruh diler Kia juga menjual Rio dengan kode produksi 2017. Kecuali Kia Sedona atau Sportage. Menurutnya, sebuah diler akan mendapat Rio model 2018, jika model lamanya sudah habis terjual.

Ditemui terpisah, sales Kia di Jakarta juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, Kia Rio yang dipasarkan saat ini hanya dengan berkode produksi 2017.

“Saya kasih diskon sama pelanggan Rp25 juta yang abs atau non abs sama saja. Kalau 2018 tunggu stok habis dulu baru dikirim lagi sama pusat,” tuturnya.