SURABAYAPAGI.com - Berbelanja menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh perempuan. Mulai dari memenuhi kebutuhan pokok sampai kebutuhan pelengkap. Salah satunya seperti memenuhi kebutuhan untuk menyambut hari raya.

Meski sebenarnya masih agak lama, namun kemeriahan dan keramaian pusat-pusat perbelanjaan sudah mulai terlihat. Nah, saat berbelanja ini tentu kita tidak ingin menjadi boros dan membelanjakan barang tidak penting.

Ada beberapa tips agar tetap hemat dengan kebutuhan belanja lebaranmu makin nyaman. Simak baik-baik ya, girls!

1. Tulis daftar apa saja yang akan dibeli, buat prioritas
Mungkin gaji bulan ini sudah masuk ke rekeningmu, dan THR sudah siap untuk menyapa. Tapi ini bukan berarti kamu bebas membelanjakan semua uangmu untuk hal yang tidak penting.

Buatlah daftar prioritas barang apa saja yang harusbkamu beli untuk hari raya besok. Pakaian kah? Kue lebaran kah? Atau yang lainnya. Dari sini kamu bisa mulai membagi uang berdasarkan kebutuhan.

2. Pisahkan setiap uang belanja, jangan asal ambil di ATM jika butuh
Nah, saat kamu sudah tahu akan berbelanja apa, selanjutnya adalah memisahkan uang di rekening. Sisihkan uang untuk berbelanja kebutuhan lebaran dan kebutuhan harian. Ini akan membuatmu tahu sudah seberapa banyak kamu membelanjakan uangmu.

3. Ada baiknya mencari referensi di internet sebelum pergi ke pusat perbelanjaan
Tak harus menunggu THR turun ke tangan. Kini banyak pusat perbelanjaan penuh sesak oleh pelanggan yang hendak berbelanja kebutuhan lebaran. Hal ini mungkin akan sedikit merepotkan.

Nah, supaya tidak bingung saat di pusat perbelanjaan, tidak ada salahnya mencari referensi terlebih dahulu di sosial media. Selian mencari model atau motif yang diinginkan, kamu juga bisa mulai membandingkan saat berbelanja online maupun offline.

4. Selagi bisa menawar dan mendapatkan produk bagus dengan harga miring kenapa tidak?
Berbelanja juga tidka harus di toko besar kok. Kamu juga bisa berbelanja di pasar grosir. Bahkan di sana kamu bisa mendapatkan banyak referensi produk yang jauh lebih beragam dan tentu saja dengan harga yang miring. Bahkan kamu bisa menawar lho. Jadi lebih hemat kan?

5. Batasi kebutuhan dan keinginan, jangan asal membeli sebelum menyesal
Yang terakhir tentu saja harus sadar diri. Kamu harus bisa membatasi mana yang benar-benar dibutuhkan, dan mana yang hanya diinginkan. Beri reward sederhana saat kamu berhasil menyelesaikan misi ini. Di mana kamu harus mendapatkan barang yang kamu butuhkan dengan harga yang lebih murah.

Jika berhasil maka belilah satu barang dengan budget tertentu yang sebagai barang tambahan di luar daftarmu.

Itulah tips supaya kamu bisa tetap hemat saat belanja kebutuhan lebaran. Pastikan kamu lakukan semua biar saldo rekeningmu gak tiba-tiba "menghilang".