SURABAYAPAGI.com - Saat menjelang lebaran tentu Kamu sudah menyiapkan rencana untuk pulang ke kampung halaman bukan? Berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan, baik itu menggunakan pesawat, kereta, kapal laut, bus, atau mungkin membawa mobil sendiri.

Bagi Kamu yang menempuh perjalanan panjang, terutama perjalanan darat pasti akan mengalami kejenuhan. Apalagi kalau Kamu menggunakan kendaraan pribadi, tentunya salah satu musuh dalam perjalanan adalah kemacetan, yang membuat tingkat kejenuhan akan meningkat.

Kondisi seperti itu tentu sangat menguras energi. Tak hanya fisik, psikis kita pun menjadi lelah. Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik, ada baiknya Kamu mencoba beberapa tips ini agar kejenuhan selama perjalanan mudik dapat diminimalisir.

- Putar musik yang menenangkan



Musik merupakan sarana hiburan paling penting. Di tengah kemacetan, di atas pesawat, di dalam kereta, atau bus, putarlah musik yang bisa membuat Kamu tenang. Daripada memutar musik keras dan berisik yang cenderung membuat adrenalin Kamu naik, lebih baik memutar musik yang memiliki tempo lebih pelan untuk rileks.

- Bawa bacaan favorit



Buat Kamu yang senang membaca, manfaatkan waktu dengan membaca buku favorit Kamu. Penuhi pikiran dengan inspirasi dari buku informatif yang tetap ringan dibaca, hingga berimajinasi dengan bacaan novel seru. Daripada tidur terus-menerus, melatih otak sesekali akan terasa lebih baik dan berguna, bukan?

- Maksimalkan smartphone



Ponsel atau smartphonememang teman setia di perjalanan, tapi sayangnya smartphone tak akan selamanya bisa mengatasi rasa bosan dan jenuh. Solusinya, maksimalkan fasilitas smartphone dengan aplikasi yang berguna dan seru. Selain menggunakan sosial media untuk ajang menghibur diri, coba jelajahi melihat video-video seru yang ada di YouTube dan Instagram. Kamu pun bisa melakukan hal seru melalui aplikasi video dan mengunduhnya ke sosial media Kamu.

- Bermain game



Gadget
sering menjadi sarana pemecah bosan saat perjalanan menuju kampung halaman. Dengan gadget kamu bisa berman game. Bermain game bisa mengusir rasa bosan Kamu di perjalanan mudik. Selain itu, game juga dapat membuat otak bekerja dengan intensitas sedang sehingga rasa bosan dapat hilang sedikit demi sedikit. Apalagi jika kamu terlalu asyik dengan game kesukaan, perjalanan sehari bisa serasa seperti setengah hari.

- Mengabadikan momen



Abadikan setiap momen perjalanan mudik Kamu dengan kamera ponsel atau kamera digital pribadi. Saat kendaraan Kamu terhenti, Kamu bisa menangkap pemandangan alam di sekitar atau lingkungan sekitar, termasuk keluarga. Kali aja Kamu ternyata memiliki kemampuan dalam bidang fotografi.

- Melakukan peregangan



Melakukan peregangan sangat baik dilakukan, apalagi dengan perjalanan yang panjang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kekakuan dan menjaga agar peredaran darah tetap lancar. Lakukan peregangan otot (stretching)selama 10-15 menit saat melakukan istirahat dalam perjalanan. Duduk terlalu lama di dalam mobil dan kereta api bisa menimbulkan rasa pegal pada seluruh tubuh. Hasilnya, tubuh akan terasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

- Tidur



Cara terakhir untuk mengusir rasa bosan Kamu saat perjalanan mudik adalah tidur. Setelah semua kegiatan Kamu lakukan dan tetap merasakan kejenuhan, kayaknya mending tidur aja deh, Gengs! Siapkan bantal leher untuk buat tidurmu lebih nyaman selama perjalanan. Selain menghilangkan bosan, tidur juga bisa membunuh waktu. Siapa tahu bangun tidur Kamu udah sampai di tempat tujuan.

Jadi, jangan lupa bersenang-senang selama menempuh perjalanan ya, Gengs! Jaga kesehatan juga agar perjalanan Kamu menjadi lebih sehat dan menyenangkan.