Calon peserta kontes ikan bandang, berjubel di meja panitia mendaftar sebagai peserta. (Ft. Mis/SP).

SURABAYA PAGI, Gresik - Dua hari menjelang diselenggarakannya kontes bandang tradisional, ratusan calon peserta ramai-ramai mendatangi panitia di komplek Pasar Baru Gresik, Sabtu (9/6/2018).

Calon peserta yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini untuk mendaftar sebagai kontestan.

Kontes ikan bandang tradisional ini merupakan hajatan tahunan Pemkab Gresik bersama warga. Dan digelar setiap memasuki malam 25 Ramadhan.

Kontes ikan bandang ala Gresik, tidak hanya menyita perhatian masyarakat lokal. Dari daerah lain pun turut berdatangan untuk sekedar menyaksikan perheletan ini.

"Kontes ini tidak sekadar mencari pemenang ikan bandang terbesar. Tapi dibalik program tersebut, kita ingin menggerakkan ekonomi masyarakat nelayan dan sekitar," ujar seprang panitia yang minta tidak ditulis namanya, kemarin.

Kontes ikan bandang terbesar di Gresik ini akan dipusatkan di Jalan Basuki Rakhmat, hingga Jalan Samanhudi tepatnya depan Pasar Baru Gresik.

Pantauan Surabaya Pagi, Minggu (9/6/2018), panitia mulai melakukan persiapan. Seperti membangun stand tempat peserta menggelar ikan yang dikonteskan. Tidak sekadar kontes, pesta ini juga membuka pasar ikan bandang untuk memberi kesempatan para pengunjung yang ingin membeli ikan.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Gresik Agus Budiono mengakui bahwa kontes ikan bandang tradusional ini akan dimulai pada tanggal 11 Juni hingga tiga hari ke depan. mis