Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro diapit dua Suoerhero yang ikut pengamanan lebaran di jalur nssional Duduksampeyan. (Ft. Mis/SP)

SURABAYAPAGI, Gresik - Pengamanan lebaran di Kabupaten Gresik 2018 ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pihak Polres Gresik tidak hanya mengerahkan petugas jaga dari TNI, Polri dan instansi lain.

Dua Superhero yakni Superman dan Thor turut dilibatkan dalam pengamanan kali ini. Superman dan Thor memiliki kekuatan suler dahsyat. Keduanya pun tampak aktif dan inovatif dalam menyerukan tips mudik aman kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Superman dan Thor tersebut diperankan oleh anggota Satlantas Polres Gresik. Mereka sengaja dihadirkan untuk menarik perhatian pemudik agar mereka benar-benar menerapkan tips mudik aman dan selamat sampai ke tempat tujuan.

Menurut AKBP Wahyu SB, tips mudik aman itu beetujuan untuk mencegah pengendara sepeda bermotor dari kecelakaan lalu lintas sehingga dapat mewujudkan mudik aman sekaligus menyetop terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami berusaha mewujudkan perjalanan mudik aman dan nihil laka lantas. Diharapkan agar masyarakat berhati-hati saat berkendara di ruas jalan," ujar AKBP Wahyu.

Sebelum berkendara, lanjut Kapolres, pastikan fisik dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara. Setelah itu, siapkan kelengkapan dalam berkendara.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam berkendara motor, yakni kelayakan kendaraan seperti memeriksa tekanan angin ban, mengecek ketebalan alur ban, memeriksa rem depan dan belakang, lampu sign dan lainnya.

"Patuhi rambu rambu lalu lintas, jangan selap selip, ugal ugalan dan ngebut, kemudian pastikan juga kelengkapan pengemudi dan kendaraan dengan surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor baik SIM, STNK, KIR," tandasnya.

Dalam perjalanan, apabila kelelahan disarankan agar istirahat di rest area yang telah disiapkan Kepolisian dan dihimbau dalam keadaan berkendara hindari miras dan narkoba.

"Semoga para pemudik selamat sampai tujuan dengan stop pelanggaran, stop kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan," pungkas Kapolres. mis