Pengunjung wisata Pohon Trinil saat berfoto di depan pohon akar langit yang sempat viral di Medsos ini.

SURABAYAPAGI, Lamongan - Masa liburan panjang lebaran 1439 Hijriyah tahun ini l, benar-benar dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Lamongan selain menjalankan tradisi silaturahmi ke sanak family, juga mengunjungi kesejumlah destinasi wisata, sehingga tak heran akhir Liburan sejumlah wisata di Lamongan diserbu pengunjung, tak terkecuali wisata alam Pohon Trinil di Dusun Widhe, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong Lamongan.

Wisata yang sempat viral di media sosial (Medsos) in, kerap membuat pengunjung penasaran untuk datang dan melihat langsung wisata Pohon Akar Langit ini. Seperti yang disampaikan oleh Siti Aminah, wisatawan asal Bekasi Jawa Barat ini.

Ibu satu anak ini dari beberapa bulan lalu ini seiring viralnya pohon Trinil ini sudah ngebet untuk mengunjungi wisata yang ada di dalam hutan RPH Lembor Jombong Hutan KPH Tuban ini." Saya datang ke sini memang penasaran dengan viralnya pohon Trinil ini, dan keinginan saya untuk datang akhirnya terwujud hari ini,"ujarnya Rabu (20/6/2018).

Aminah biasa wanita ini dipanggil menuturkan, ia datang ke Destinasi wisata yang dikelola pihak Pemdes dan Perhutani setempat ini, bersama dengan keluarga besarnya di Lamongan, setelah beberapa hari sebelumnya waktunya dihabiskan untuk menjalin silaturahmi ke keluarganya."Saya datang bersama dengan keluarga besar mulai dari saudara, keponakan, hingga para cucu-cucu,"kata dia meski terlihat masih muda tapi sudah mempunyai cucu.

Saat menginjak kaki di wisata pohon Trinil ini, ia disajikan panorama dan keindahan hutan yang masih mayoritas alami, meski sebagian sudah dijadikan wahana penunjang. Bersama keluarga besarnya, ia mengawali berfoto dihadapan pohon yang disebut sebagai pohon akar langit."Hasil fotonya cukup bagus, dan jarang ada pemandangan foto dengan latar belakang pohon seperti ini,"terangnya.

Usai berswafoto di depan pohon Trinil, ia melanjutkan berfoto di beground sama pohon Trinil, hanya saja pohon yang satu ini membentuk seperti tempat duduk, dan disampingnya juga terdapat pohon seperti ular."Di lokasi ini banyak juga yang berswafoto,"akunya.

Dua kali berswafoto di Pohon Trinil teryata tidak cukup, ia bersama dengan keluarganya nekad naik ke puncak untuk berswafoto di perahu yang bisa melihat pemandangan alam di sekitar lokasi wisata." Dari atas perahu buatan kita bisa melihat keindahan alam,"ucapnya.

Hanya saja lanjut Aminah, ia menyarankan masih banyak pekerjaan rumah yang harus direalisasikan oleh pihak pengelola, agar para wisatawan yang berkunjung betah dan bisa menjadi magnet lain bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung, dengan membangun berbagai sarana dan prasarana salah satunya menambah wahana wisata."Penambahan wisata ini mutlak harus segera diwujudkan kalau wisata ini ingin semakin ramai dikunjungi wisatawan,"usulnya.

Terpisah Eka Frendy Mandor hutan RPH Lembor Jombong Hutan KPH Tuban menyebutkan, ia bersama warga setempat cukup bersyukur, kalau wisata pohon Trinil sekarang banyak dikunjungi para wisatawan.

Disebutkan olehnya, di hari libur lebaran terakhir ini tidak kurang dari 1800-2000 an pengunjung yang datang menikmati keindahan pohon Trinil ini. Tentu kunjungan ini lebih banyak dari hari-hari biasanya. "Selama hari libur lebaran ini pengunjung yang datang ini mencapai 1800 per hari bahkan bisa sampai tembus 2000 an,"ujar pria berkacamata ini sambil menyebutkan kalau pengelola membangun sarana dan prasarana dan menambah wahana wisata.jir