SURABAYAPAGI.com - Kesuksesan tak pernah datang dalam waktu semalam. Untuk menggapainya diperlukan kerja keras dan pengorbanan, termasuk untuk melawan kelima musuh yang sering tak nampak berikut ini.

1. Ngeles kurang ini dan kurang itu



Kamu pasti pernah dengar cerita bahwa pesepak bola elit dunia Cristiano Ronaldo lahir dari keluarga serba kekurangan. Begitu juga dengan pendiri Starbucks Howard Schultz yang memiliki latar belakang serupa.

Namun, keduanya -- dan masih banyak orang sukses lainnya -- berhasil mewujudkan mimpi mereka walau kondisi ekonomi saat meniti karir memang tak mendukung.

2. Mudah berpuas diri



Beyonce dan mendiang Michael Jackson merupakan dua tokoh populer yang terkenal sebagai pekerja keras. Mereka tak mudah puas pada suatu hasil. Dalam film dokumenter Life Is But A Dream, Beyonce pernah berkata, "Jika aku tak tidur, maka tak ada stafku yang boleh tidur."

Ia begitu detail dalam mempersiapkan segalanya. Sikap yang sama juga dimiliki oleh almarhum Michael Jackson. Suatu ketika ia sempat geram karena menurutnya ritme tariannya sedikit tak sinkron dengan musik padahal tak ada orang lain yang menyadarinya.

3. Kehilangan fokus



Jadi, diversifikasi dan inovasi itu memang penting. Sayangnya, ada kala di mana kita justru kehilangan fokus karena mengira bahwa kita memang harus melakukan banyak hal lain di luar kekuatan kita demi menunjukkan kita mampu mengerjakan banyak hal.

Akibatnya, adalah tak ada satu tujuan yang berhasil dicapai sebab kita sibuk mengejar semuanya. Maka, ketahuilah kekuatan dan kelemahanmu, lalu fokuslah.

4. Memiliki ego yang tinggi



Memiliki ambisi adalah salah satu karakteristik orang sukses. Ada mimpi yang ingin dikejar dan seringkali merasa hanya langit yang menjadi pembatasnya.

Namun, jika terlalu berlebihan, seperti menilai diri sendiri yang paling pintar dan paling mampu, kita justru akan menyepelekan banyak hal yang bisa jadi merupakan awal kejatuhan kita. Sebaik-baiknya prestasi yang sudah maupun ingin kita raih, ada baiknya untuk tetap mau belajar dari orang lain.

5. Takut membuat terobosan



Setelah memahami kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, lalu mengevaluasi lingkungan di sekeliling kita, membuat terobosan adalah hal yang sangat direkomendasikan untuk menuju kesuksesan. Kita harus mau belajar mengikuti perkembangan zaman.

Malangnya, ada orang-orang yang takut mencoba karena takut gagal atau merasa sudah sempurna (seperti nomor 4). Nokia dan BlackBerry adalah dua contoh nyata bahwa kesuksesan bisa terhalang oleh keengganan untuk melakukan inovasi.

Maka, waspadalah terhadap lima musuh di atas yang sering menghampiri tanpa kita sadari.