Kwitansi pembayaran pendaftaran siswa baru di SMA Negeri Kejayan.

SURABAYAPAGI, Pasuruan- Biaya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan sederajat sangat mahal. Munculnya biaya-biaya sekolah ini setelah pengelolaan tingkat SMA/SMK sederajat diambil alih oleh Propinsi Jatim.

Contoh, yang terjadi di SMA Negeri Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Setiap orang tua/wali murid baru harus membayar uang pendaftaran sebesar Rp 2.340.000,-. Rinciannya, uang sebesar itu digunakan untuk membeli seragam, bayar formulir, dan iuran tahunan.

"Saya tadi hanya membayar Rp 1.585.000,- untuk membeli seragam dan membayar formulir Rp 15 ribu. Sisanya tidak tahu,apakah saya mampu bayar apa tidak. Yang jelas, menunggu saya punya duit. Lha ya, sekolah sekarang kok bayar-bayar lagi, " teriak Ratnawati.

Seragam yang didapat, satu set putih-putih, satu set abu-abu putih, pramuka dan satu set baju olahraga. Selain itu, beberapa atribut sekolahan. Satu lagi, yaitu seragam batik. Untuk batik masih belum diserahkan.

Untuk meyakinkan wartawan, wanita ini menunjukkan kwitansi pembayarannya. Dalam kwitansi pembayaran ditanda tangani Anik Astutik. Di kwitansi tidak dijelaskan kekurangan sebesar Rp 755.000.

Kata Ratnawati, kekurangannya untuk membayar iuran tahunan. Yang membuat Ratnawati kaget lagi, ada seorang guru menjelaskan, orang tua masih harus membayar uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) Rp 200,000 per bulan. Belum lagi setiap kegiatan sekolah, orang tua masih dibebani urunan.

Keluhan orang tua juga terjadi di SMAN Grati di Ngopak. Tiap siswa dibebani sebesar Rp 2.200.000,-. Lalu di sejumlah SMK/SMA favorit di Kota/Kabupaten Pasuruan.

Menurut seorang guru di SMAN 2 Kota Pasuruan, Ny. Badiah, biaya seragam sudah menjadi ketentuan atas hasil rapat bersama kepala sekolah SMA/SMK sederajat dengan Diknas Propinsi Jatim Wilayah Pasuruan Raya. Hasil rapat, uang seragam sebesar Rp 1.650.000 per siswa.

Menanggapi ini, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Pasuruan Raya, Indah Yudiani, belum bisa dikonfirmasi. Menurut salah satu stafnya, pimpinannya sedang tugas luar.dir