Sejumlah anggota keluarga BKKBN Jatim mengikuti senam pagi dan jalan sehat, Minggu (1/7).

SURABAYAPAGI, Surabaya- Ratusan masyarakat mengikuti kegiatan senam pagi dan jalan sehat keluarga di halaman Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur di Jl. Airlangga, Surabaya, Minggu (7/1/2018) pagi. Kegiatan ini berlangsung meriah dan penuh antusias dari warga sekitar.

Acara ini dibuka dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh peserta yang kompak menggunakan setelan kaos putih dan celana hitam. Mereka juga tampak kompak ketika melakukan gerakan berirama yang dibawakan instruktur senam.

Dengan ditandai oleh pelepasan puluhan balon berwarna biru, seluruh peserta pun mengikuti acara lanjutan berupa jalan sehat yang berlangsung tertib dan penuh dengan nuansa kekeluargaan.

Kegiatan senam pagi dan jalan sehat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan semarak Hari Keluarga Nasional ke-25 yang digelar BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Utama BKKBN, H. Novrizal. S.P,M.A. dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga turut hadir. Saat dikonfirmsi, Novrizal mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat kekeluargaan dan kebersamaan antar keluarga besar pegawai dan warga, sekaligus meingkatkan kebugaran bagi peserta acara ini.

"Kegiatan Hari Keluarga Nasional merupakan rangkaian panjang yang diperingati setiap tanggal 29 Juni dan puncaknya akan digelar di Kota Manado Sulawesi Utara pada tanggal 7 Juli esok,” imbuh Novrizal.

Ia menambahkan, karena di Jawa Timur merupakan Provinsi yang besar, maka yang dilakukan di sini akan berpengaruh di Indonesia. “Tidak hanya tentang peringatan Hari Keluarga Nasional tapi juga tentang kampung Keluarga Berencana, Pelayanan KB, Teknologi penggunaan KB Nasional yang diharapkan dapat berpengaruh juga kepada provinsi-provinsi yang lain,” tegas Novrizal lagi.

Selain Sekertaris Utama BKKBN, tak ketinggalan pula Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, H. Yenrizal Makmur, SP., MM juga ikut memeriahkan kegitan ini.

Menurut Yenrizal, kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan kesadaran pada masyarakat tentang betapa pentingnya keluarga dalam membangun bangsa. “Untuk ke depan, kami akan mengkampanyekan kepada masyarakat terkait pentingnya persiapan hidup berkeluarga,” tegas Yenrizal.

“Dengan adanya pemahaman tentang kampanye Keluarga Berencana pada kegiatan ini, mudah-mudahan dapat menjadikan keluarga bahagia dan sejahtera dapat terwujud di Jawa Timur,” tandasnya lagi.

Untuk diketahui, pada tanggal 10 Juli 2018 nanti, BKKBN akan membuat event dengan mengumpulkan seluruh Kabupate-Kabupaten di Kota Gresik untuk mengampanyekan program KB, mulai dari Gresik hingga Madiun. byop



Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, H. Yenrizal Makmur, SP., MM juga turut hadir dalam acara ini.