Debby Kurniawan tengah Ketua Partai Demokrat, saat menghadiri acara Halal Bi Halal PWI Lamongan beberapa hari yang lalu.FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Diam-diam internal Partai Demokrat sudah mengetahui beredarnya foto Kaharudin dengan berlatar belakang partai NasDem, dan foto kegiatan keduanya dalam agenda kepartaian lain. Karena itu DPC Partai Demokrat Lamongan secepatnya akan melakukan klarifikasi, karena sampai saat ini keduanya juga belum menyatakan mengundurkan diri dari partai berlambang segitiga mercy yang membesarkannya.

Peryataan itu disampaikan oleh Ketua DPC Demokrat Lamongan, Debby Kurniawan menanggapi beredarnya foto kolega sesama kader partai Demokrat, dengan berlatar belakang partai lain, Senin (2/7/2018)." Iya kami akan melakukan klarifikasi atas beredarnya foto dua kader kami yang muncul ke permukaan berlatar belakang partai lain,"kata Iwan Panggilan akrab Debby Kurniawan.

Sebelum melakukan klarifikasi proses tahapan di internal Partai Demokrat akan dijalani normal seperti biasa. Dimana kalau ada kader yang nyebrang ke partai lain, kepengurusan setingkat diatasnya dalam hal ini DPD Demokrat Jawa Timur harus menerima laporan dulu dari DPC."Proses itu sudah saya lalui, bahkan DPD malah sudah tahu rumor kepindahaan pak Kaharudin dan M Amir ke partai NasDem,"terangnya.

Pihaknya kata Iwan yang juga ketua DPRD Lamongan ini, usai melaporkan situasi yang berkembang terkait dua kader itu ke DPD, pihaknya selanjutnya menunggu arahan dan instruksi dari DPD untuk melakukan klarifikasi."Kami menunggu instruksi dari DPD Demokrat Jatim terkait klarifikasi ini,"katanya.

Apalagi sampai saat ini keduanya juga belum melayangkan surat pengunduruan diri dari keanggotaan partai."Kalau dalam klarifikasi kepada keduanya benar, mereka pindah partai, maka keanggotaan dari partai Demokrat otomatis akan dicabut,"ujarnya.

Tentu sebelum keanggotaan itu resmi dicabut, DPC Demokrat berharap keduanya mengajukan surat pengunduran diri ke partai yang selama ini membesarkan nama mereka."Yang jelas kami belum menerima surat pengunduran diri dari keduanya,"ungkapnya.

Pihaknya lanjut Iwan, tidak melarang kalaupun dalam klarifikasi keduanya menyatakan pindah partai."Silahkan saja mau pindah partai kita hormati, itu hak mereka dan mereka berhak memilih,"katanya.

Sebelumnya beredar rumor dua kader Partai Demokrat Lamongan Kaharudin eks Ketua DPRD, dan M Amir yang kini masih tercatat sebagai ketua Komisi C DPRD Lamongan, dikabarkan telah pindah partai ke partai Nasional Demokrat (NasDem) Lamongan besutan Surya Paluh, seiring beredarnya foto yang bersangkutan dalam kegiatan NasDem dan foto caleg berlatar belakang logo partai NasDem .

Tidak hanya itu saja, keduanya bahkan dikabarkan mendapat posisi strategis di DPD NasDem Lamongan, dimana H Kaharudin ditunjuk sebagai Ketua, sementara koleganya M Amir didapuk sebagai sekretaris DPD. Tentu pergeseran nama ketua dan sekretaris NasDem sempat membuat internal partai memanas, meski akhirnya semua bisa memahaminya.

Sementara itu, kepindahan H Kaharudin ke NasDem banyak mengkaitkan kekecewaanya setelah jabatan ketua DPRD Lamongan diganti oleh ketua DPC Demokrat Debby Kurniawan, padahal jabatan ketua DPRD tinggal setahun.

Sedangkan kepindahan M Amir informasinya lebih karena solidaritas teman sesama partai, dan ajakan Kaharudin, apalagi persaingan caleg diinternal Demokrat khususnya dapil 3 persaingannya dirasa cukup ketat, sehingga ia merelakan pindah partai dengan harapan pada pencalegkan mendatang dirinya masih terpilih, meski jabatan sebagai anggota legislatif saat ini terancam hilang.jir



Dua kader Partai Demokrat Kaharudin dan M Amir saat terlihat mengikuti acara konsolidasi dan sosialisasi persyaratan pencalegkan dari Partai NasDem.