Seoul

SURABAYAPAGI.com - Seoul menjadi salah satu destinasi yang cukup populer di kalangan wisatawan Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dengan masuknya kebudayaan Korea ke Indonesia melalui serial drama (k-drama) dan lagunya (k-pop).

Tidak hanya itu, kemudahan bagi para wisatawan terutama muslim membuat kota ini semakin diminati untuk dikunjungi. Selain itu saat berkunjung ke Korea Selatan, kota Seoul selalu menjadi primadona. Dilansir dari laman The Culture Trip berikut ini 5 tempat di Korsel yang memiliki ciri khas Seoul yang wajib Anda kunjungi.

1. Tetap terhubung dengan sejarah Korea Selatan

Salah satu hal terbaik tentang Seoul adalah karena menjadi ibu kota negara Korea Selatan, Anda akan menemukan banyak sekali situs dan atraksi bersejarah di kota.

Istana Gyeongbokgung, misalnya, adalah tempat yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Seoul. Istana ini dibangun pada tahun 1395 dan berfungsi sebagai rumah bagi raja-raja dinasti Joseon, rumah tangga Raja, serta pemerintahan Dinasti Joseon.

Anda juga dapat mengunjungi situs bersejarah terbaru, seperti War Memorial of Korea, yang didedikasikan untuk mereka yang bertempur selama Perang Korea. Ada juga museum besar dengan lebih dari 10.000 artefak yang dipamerkan di ruang pameran dalam dan luar.

2. Menghargai budaya dan tradisi

Seoul melakukan pekerjaan luar biasa dalam menjaga budaya dan tradisi mereka agar tetap hidup. Misalnya Museum Nasional Korea. Museum ini menampilkan lebih dari 12.000 artefak di enam bagian pameran permanen, termasuk sejarah modern awal abad pertengahan, kaligrafi dan lukisan, patung dan kerajinan dan seni Asia.

Anda juga dapat merasakan budaya Korea ketika berkeliling di area seperti Bukchon Hanok Village, lingkungan yang indah yang terdiri dari rumah tradisional Korea, atau hanok. Di sini, Anda akan menemukan toko kerajinan, galeri seni, dan bahkan kedai teh tradisional untuk pengalaman otentik masyarakat lokal.

3. Bersenang-senang dengan hemat

Terlepas dari tingginya biaya hidup di Seoul. Para pelancong akan menemukan bahwa harga di Seoul lebih murah dibandingkan dengan Amerika Utara, Eropa, atau Australia. Terutama untuk biaya transportasi umum dan makanan di restoran yang jauh lebih terjangkau daripada di Jepang.

Anda dapat menemukan penginapan di Airbnb di Seoul dengan harga 10 USD atau setara dengan Rp143 ribu per malam. Inilah yang membuat Korea Selatan menjadi tujuan liburan yang hebat di Asia Timur.

4. Berbelanja sepuasnya

Setiap tahun, jutaan turis dari negara-negara di Asia datang ke Korea untuk satu tujuan yakni berbelanja. Mulai dari fashion terbaru Korea, produk perawatan kulit Korea berkualitas tinggi, dan mengunjungi salah satu dari banyak department store besar untuk pengalaman belanja terbaik dan bebas pajak.

Secara umum, pengunjung dapat menerima pengembalian pajak di bandara saat mengirimkan tanda terima di stan pengembalian pajak. Namun, semakin banyak toko bebas pajak bermunculan di Seoul yang memungkinkan wisatawan asing mendapatkan pengembalian pajak secara langsung di lokasi itu dengan batas tertentu.

5. Menikmati beragam festival

Kapan pun Anda berkunjung, Anda memiliki kesempatan untuk mengambil bagian di salah satu dari banyak festival Seoul. Seperti di musim semi, ada Festival Bunga Sakura Yeouido adalah salah satu acara paling populer bagi penduduk lokal dan orang asing.

Di awal musim panas, ada perayaan Ulang Tahun Buddha yang dirayakan di seluruh negeri dengan pawai besar di Seoul dan acara di kuil di sekitar kota. Banyak juga yang menikmati festival musik Ultra Korea yang didedikasikan untuk musik elektronik yang menampilkan artis Korea dan internasional.

Pada musim gugur, Festival Kembang Api yang populer diadakan di Pulau Yeouido yang menghadap ke Sungai Han. Di musim dingin, Changgyeonggung Stream dihiasi dengan ornamen cahaya musiman dan merupakan tujuan populer untuk Natal.