Bupati H Fadeli bersama Wabup dan Forpimda saat menyalami calon jamaah haji saat mengikuti manasik haji secara massal di IPHI setempat

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Jumlah calon jamaah haji (CJH) asal Lamongan tahun ini, teryata terbanyak nomer 5 dari Kabupaten Kota di Jawa Timur dan terbagi dalam 5 kelompok terbang.

Dulu Lamongan seperti disampaikan oleh Sholeh Kepala Kemenag Selasa (10/7/2018) saat manasik haji di IPHI setempat, kalau Lamongan tahun 2017 ada diperingkat 7. "Ini patut kita syukuri bersama serta ini menunjukkan peningkatan kesadaran beragama dan juga peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Lamongan," ungkap Sholeh.

Selain meningkat kata Sholeh, jumlah jamaah yang berangkat, jumlah keberangkatanya juga meningkat. Dari tahun sebelumnya terbagi 3 kloter, tahun ini pemberangkatannya sampai 5 kali/kloter.

Lebih rinci, Sholeh menjelaskan tahun ini CJH yang berangkat sebanyak 1.822 CJH, sedangkan tahun 2017 lalu jumlahnya sekitar 1.331. "Alhamdulilah tahun ini ada peningkatan berangkat yang lumayan besar,"akunya.

Sementara itu, jamaah asal Lamongan yang terbagi dalam lima kloter tersebut, yaitu kloter 45, 46, 47, 48 dan 49 akan melaksanakan manasik haji selama dua hari.

"Manasik haji Kabupaten Lamongan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Hari ini Selasa (10/7) di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Lamongan, kemudian Rabu (11/7) di halaman Masjid Namira Lamongan dengan materi praktek manasik haji," jelasnya memaparkan.

Dan terkait pemberangkatannya, CJH Kloter 45 dan 46 akan dilaksanakan pada Selasa (31/7). “Sedangkan CJH Kloter 47, 48 dan 49 pemberangkatan akan dilakukan pada Kamis (2/8) mendatang,” terangnya.

Bupati Fadeli yang hadir dalam acara tersebut meminta maaf kepada seluruh CJH Kabupaten Lamongan, karena Alun-Alun Lamongan yang biasanya digunakan sebagai tempat praktek manasik haji.

“Saya meminta maaf kepada seluruh CJH karena Alun-Alun Lamongan yang biasanya digunakan untuk praktek manasik haji masih belum bisa digunakan karena masih dalam proses perbaikan sehingga harus dipindahkan ke Masjid Namira”, Ungkap Fadeli.

Fadeli juga mengingatkan kepada para CJH agar mulai dari sekarang menjaga kesehatannya dan menjaga makanannya. Kepada para petugas pendamping Fadeli juga berharap memberikan bimbingan kepada CJH agar dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan sehingga menjadi Haji yang Mabrur.jir



Bupati H Fadeli bersama Wabup dan Forpimda saat menyalami calon jamaah haji saat mengikuti manasik haji secara massal di IPHI setempat