Undian pertandingan yang dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) diharapkan tidak menurunkan target yang telah ditetapkan

SURABAYAPAGI.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, menargetkan Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar dalam perhelatan Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018 mendatang.

“Target itu masih kita ‘godok’,” tutur Imam seperti dilansir dari Antara. Kami tidak ingin hasil undian pertandingan Asian Games lantas menyurutkan target yang telah ditetapkan,” tambahnya di sela-sela pembukaan Pelatihan Penggerak Olahraga Senam Kebugaran Masyarakat, di Kuningan, hari Selasa (10/7).

1. Meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia untuk terus mengawasi

Menpora meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia untuk mengawasi secara detail hal-hal terkait program pemusatan latihan nasional dari atlet-atlet Merah Putih. Hal ini dirasa penting mengingat hari penyelenggaraan semakin dekat.

“Tantangan terbesar tentu persoalan mental bertanding karena bangsa kita sering kali kaget jika melihat sesuatu. Padahal, atlet-altet kita akan tampil di rumah sendiri,” kata Imam.

2. Meminta atlet tetap percaya diri

Menpora juga berpesan kepada atlet-atlet nasional kebanggaan Indonesia untuk terus percaya diri untuk berlaga mengharumkan nama bangsa. Terlebih karena para atlet akan bertanding di negara sendiri.

Rasa optimis untuk berlaga diakui Imam ia rasakan ditengah-tengah atlet nasional. “Ketika Mengunjungi pelatnas Asian Games, saya melihat optimisme itu muncul dari dalam hati dan semangat yang ditunjukkan para atlet kita,” kata Imam seperti dikutip dalam Antara.

3. Undian pertandingan digelar

INASGOC dan OCA telah melakukan pengundian untuk tujuh cabang permainan yang akan digelar di Asian Games 2018 pada Kamis (5/7) pekan lalu. Rugby 7’s, bola tangan, sepak takraw, bola voli, polo air, bola basket, dan sepak bola menjadi tujuh pertandingan yang telah diundi.

Masih ada cabang-cabang lain yang belum dilakukan pengundian. Untuk pertandingan bulu tangkis sendiri, pengundian akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Dengan kata lain, undian untuk bulu tangkis akan dilakukan 2 hari menjelang pembukaan Asian Games 2018.