SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Upacara HUT Bhayangkara ke-72 digelar serentak pada Rabu (11/7/2018), termasuk di Polres Mojokerto Kota. Menampilkan sisi berbeda, Upacara yang dilangsungkan di lapangan Mapolres Mojokerto Kota juga menampilkan kolaborasi budaya Jawa dan Tionghoa.


Dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono, upacara HUT Bhayangkara berlangsung hikmat. Acara ini dihadiri beberapa tamu undangan, termasuk Plt Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, perwakilan Dandim Mojokerto, tokoh masyarakat, dan seluruh jajaran. Dalam jumpa pers, Sigit mengatakan pentingnya peranan seluruh elemen masyarakat dalam mengawal dan membantu kinerja Polri.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita melaksanakan peringatan hari bhayangkara ke-72 tahun 2018 yang secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dalam upacara ini kami menampilkan tradisi budaya jawa dikolaborasikan dengan budaya tionghoa yang menunjukkan upaya kita untuk mempelopori kebhinekaan dan menjaga kebhinekaan yang sudah terjalin baik selama ini. Harapannya, bisa mewadahi semua komunitas yang ada, lintas etnis, lintas agama, lintas suku, dan seluruh elemen masyarakat bisa kita galang, dan integrasikan semua dukungannya untuk mendukung kepolisian dalam mengamankan berbagai agenda di tahun 2018-2019," ujar AKBP Sigit Dany S.

Kolaborasi budaya Jawa dan Tionghoa dalam upacara tersebut direpresentasikan dengan penampilan tari remo dan barongsai. Sebelumnya, dilangsungkan juga acara tambahan, yaitu penyerahan piagam penghargaan kepada jajaran Polres Mojokerto Kota, Pemberian hadiah Lomba, dan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur.

Dalam kesempatan tersebut, Polres Mojokerto Kota juga menggelar acara pelepasan purna tugas untuk tujuh anggota yang pensiun tahun ini. Acara ini juga dipimpin langsung oleh Kapolres, AKBP Sigit Dany Setiyono.