Korea Utara telah menggunakan Sohae untuk meluncurkan sejumlah roket, seperti terjadi pada foto ini.

SURABAYAPAGI.com - Korea Utara tampak mulai membongkar sebagian lokasi peluncuran roket yang, menurut sejumlah pejabat AS, kerap digunakan untuk menguji coba rudal balistik.

Foto-foto satelit kelompok pemantau Korut, 38 North, memperlihatkan pembongkaran lokasi peluncuran Sohae. Hal ini mengindikasikan Pyongyang memenuhi janji kepada AS pada Juni lalu.

Pada pertemuan antara Presiden AS, Donald Trump, dan Pemimpin Korut, Kim Jong-un, Juni lalu, kedua pemimpin menandatangani perjanjian menuju "denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea". Tidak dijelaskan bagaimana Pyongyang akan menyingkirkan senjata nuklirnya.

Trump juga mengatakan Kim telah berikrar untuk menghancurkan lokasi uji mesin, namun tidak merinci lokasi yang dimaksud. Kurangnya rincian ini pula yang membuat pertemuan kedua pemimpin di Singapura memunculkan gelombang kritik.

Namun, pada Senin (23/7), Trump mengaku dirinya "sangat bahagia" dengan kemajuan dalam hubungan dengan Korut. Menurutnya, Pyongyang belum pernah meluncurkan rudal atau menggelar uji nuklir selama sembilan bulan terakhir.

Twitter pesan oleh realDonaldTrump A Rocket has not been launched by North Korea in 9 months Likewise no Nuclear Tests Japan is happy all of Asia is happy But the Fake News is saying without ever asking me always anonymous sources that I am angry because it is not going fast enough Wrong very happy

Korut telah menjalankan uji coba nuklir sebanyak enam kali. Yang paling baru terjadi pada September 2017.