SURABAYAPAGI.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti bekerja sama dengan Dewan Pertimbangan Presiden akan menggelar acara Harmoni Indonesia 2018, di Koridor Timur Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 06.00 WIB. Kegiatan tersebut diadakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, serta Asian Games 2018.

"Tujuan utamanya kami ingin meningkatkan kembali kebangsaan kita bangsa Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke," ujar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir di kantornya Jakarta, Jumat, 3 Agustus 2018.

Dalam kegiatan itu, Nasir menuturkan, pihaknya akan melibatkan seluruh perguruan tinggi dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Bahkan, ia pun telah menyampaikan hal ini kepada para rektor perguruan tinggi di Tanah Air.

"Kami berharap ini sukses dan seluruh perguruan tinggi indonesia kami libatkan. Mahasiswa kami total 7 juta orang," katanya.

Rencananya, acara itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo, kementerian dan instansi pemerintah. Kegiatan ini terbuka untuk umum, dengan ketentuan wajib mengenakan busana bernuansa merah putih

Dalam kegiatan itu antara lain akan diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Padamu Negeri, dan Rayuan Pulau Kelapa.

Selain di dalam negeri, kegiatan itu juga diselenggarakan di delapan kota di mancanegara di antaranya, Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Seoul, Taiwan, Manila, dan Jepang.

Warga Negara Indonesia yang berada di negara tersebut dapat datang ke Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat.