Peserta Harmoni Indonesia Universitas Airlangga diikuti 10.000 peserta yang terdiri dari berbagai macam almamater memenuhi gedung Airlangga Convention Center.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menyambut gelaran Asian Games 2018, pemerintah Indonesia mengadakan acara yang bertajuk Harmoni Indonesia. Universitas Airlangga yang merupakan salah satu universitas terbaik di Jawa Timur berkesempatan menjadi tuan rumah untuk Harmoni Indonesia, dilaksanakan di Airlangga Convention Center dari pukul 06.30 WIB yang dimulai dengan gladi resik dan berlanjut ke acara inti.

Peserta Harmoni Indonesia Universitas Airlangga diikuti 10.000 peserta yang terdiri dari berbagai macam almamater memenuhi gedung Airlangga Convention Center. Kegiatan harmoni airlangga juga dihadiri pimpinan Universitas Airlangga seperti Rektor, Wakil Rektor 1,2 dan 3, sekretaris dan jajaran staff dari Universitas Airlngga.

Menurut Galuh Teja Sakti selaku ketua BEM Universitas Airlangga peserta berasal dari mulai Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhamadiyah Surabaya, Universitas Negeri Surabaya dan masih sekitar puluhan Universitas Negeri dan Swasta lainnya.

Tujuan diselenggarakan Harmoni Indonesia ini diungkapkan Galuh sebagai semangat untuk penyelenggaraan ulang tahun hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus dan sesuai dengan tema Asia Games yang menginginkan Indonesia harmoni. "Saya sangat bangga karena Unair mampu menyelenggarakan acara ini dan membuktikan dapat mengemban amanah sebagai tuan rumah Harmoni Indonesia di Jawa Timur" ungkapnya saat ditemui di gedung Airlangga Convention Center Minggu pagi, 5 Agustus 2018.

Harapan yang dikutip dari tema Asian Games yang dianggap sebagai energi karena Indonesia harus harmoni maka diselenggarakanlah Harmoni Indonesia yang melibatkan 7 juta mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di tanah air dan salah satu yang terpilih menjadi tuan rumah di Jawa Timur adalah Unair. Kegiatan didukung penuh oleh Kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti).

Menristekdikti Mohammad Masir menyatakan, acara tersebut bertujuan untuk merajut dan memperkokoh kebangsaan menyukseskan Asian Games dan menyambut Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 Agustus 2018. Bahkan Harmoni Indonesia diselenggarakan di delapan kota mancanegara yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Seul, Taiwan,Manila dan Jepang. Jadi warga luar negeri dapat datang ke KBRI setempat yang menampung 1.000 hingga 2.000 orang.

Lailatul Jannah selaku Sie Kesekretariatan acara Harmoni Indonesia mengungkapkan jika rangkaian Harmoni Indonesia tidak hanya diikuti oleh berbagai mahasiswa di Indonesia namun juga dari kepolisian dan pegawai PT KAI yang masing jumlah bervariasi ada yang membawa perwakilan 10-15 orang bahkan ada yang lebih.