SURABAYAPAGI, Surabaya- Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menerjunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) guna penanganan korban gempa bumi yang dialami warga Lombok, Minggu (5/8/2018). Tim Tagana Dinsos Jatim yang beranggotakan 20 orang ini diberangkatkan langsung oleh Kepala Dinsos Pemprov Jatim, Sukesi, Selasa (7/8).

Tim Tagana memiliki tugas sebagai dapur umum dan mendirikan selter di lokasi gempa di Lombok. Sebanyak 20 orang itu berangkat bersama dengan pengiriman satu truk dan kendaraan rescue berisi pelengkapan dapur dan sembako.

"Saya minta semangat, kerja keras dan kerja sama kompak. Di lokasi tetap waspada, karena kondisi medan yang jauh dan sangat berat. Lebih berat dari bencana lainnya," sebut Sukesi.

Sukesi yakin, tim Tagana Jatim bisa bekerja baik dan membantu korban bencana alam di Lombok. Tagana Jatim sudah teruji dan setiap terjadi bencana diminta untuk siap turun.

Sebanyak 20 orang ini sebagi tim awal. Nanti akan bekerja selama seminggu kedepan, selanjutnya bergantian dengan tim lanjutan. "Tim bawa logistik, semako dan makanan cepat saji. Kami juga bawa tepal, matras, tenda dan selimut," ucap Sukesi.

Novi Widian, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Pemprov Jatim menambahkan, tim Tagana Jatim ini bakal merapat ke Kabupaten Lombok Utara. Di lokasi ini, bencana dan korban cukup parah.

"Kami diminta turun ke Lombok Utara, tim akan mendirikan dapur umum dan selelalu membantu korban," jelas Novi.

Novi meminta, tim Tagana Jatim bisa kerja secara baik di lokasi bencana di Lombok. Masing-masing personel juga diharap hati-hati selama menjalankan misi kemanusian ini, lantaran gempa di Lombok cukup besar dan dampaknya luar biasa.byob