Ir. H Chairul Djaelani, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia wilayah Jawa Timur.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hingar bingar terkait pencalonan presiden dan wakil presiden republik Indonesia, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur menitip pesan moral dan harapan kepada partsi politik yang yang nantinya mengusulkan calon presiden dan wakil presiden Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ir. H Chairul Djaelani selaku ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia wilayah Jawa Timur, agar partai politik yang mengusung calon presiden dan wakil presiden harus memiliki moral yang baik. "Nantinya para calon presiden dan wakilnya harus bermoral yang baik," terangnya di kantor IPHI di Injoko, Surabaya kemarin (8/8/2018).

Pesan moral dan harapan yang dimaksud pertama dengan didorong keinginan luhur batik berkehidupan yang lebih baik dalam bermasyarakat dan berbangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta penerapan hidup yang beragama sehari hari maka diperlukan penegasan dalam kehidupan guna mencapai kesejahteraan lahir dan batin.

Kedua, untuk itu dibutuhkan "kepemimpinan nasional" yang berkarakter, kuat, berjiwa, berpandangan yang berunsur sebagai pejuang dengan sikap beragama yang kuat yang tidak diragukan komitmennya terhadap kemajuan, kemandirian, dan kejayaan bangsa Indonesia dan NKRI dan terakhir rakyat Indonesia berkomitmen aktif memilih dan tidak golput sebagai bagian dari hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Chairul menambahkan organisasinya bukan organisasi politik, tapi ini bentuk moral agar pemimpin masa depan harus bermoral. "Mereka harus memiliki moral," tegasnya. Sedangkan IPHI sendiri memiliki anggota seluruh Indonesia mencapai 25 juta orang. nt