Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim terpilih, KH Marzuqi Mustamar di Kantor PWNU Jatim akan memberangkatkan bantuan ke Lombok.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pasca gempa yang terjadi di Lombok membuat simpati semua masyarakat Indonesia termasuk Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PBNU). Untuk itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menurunkan tim kemanusiaan ke Lombok, NTB.

Ada sebanyak 30 orang yang dikirim ke lokasi gempa di Lombok demi misi kemanusiaan. Tim ini berisi dari berbagai keahlian, seperti dokter, perawat, psikolog, pendidik, dan lainnya.

Selain menerjunkan tenaga relawan, PWNU Jatim juga mengirimkan bantuan aneka sembako, obat-obatan, selimut dan barang kebutuhan lainnya.

Pemberangkatan tim kemanusiaan dan bantuan sembako serta obat-obatan ke Lombok dilepas Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim terpilih, KH Marzuqi Mustamar di Kantor PWNU Jatim Jl Al Akbar Surabaya, Kamis (9/8/2018) pagi.

Marzuqi mengatakan, diterjunkannya tim kemanusiaan dan pengiriman bantuan ini merupakan kepedulian dari warga NU di Jatim. "Bangsa kita sedang sakit dengan adanya musibah gempa di Lombok, kami juga ikut merasa sakit. Kami ikut peduli kepada sesama," kata Marzuki sebelum melepaskan tim kemanusian dan bantuan, Kamis (9/8/2018).

Menurut Marzuqi, masyarakat di Lombok sedang terkena musibah. Sehingga NU Jatim merasa terpanggil untuk membantu. Jangan lihat seberapa jumlah bantuan, tetapi yang terpenting rasa kepedulian sesama umat.

"Semua harus saling menolong sesama. Jangan pandang itu sesama musim atau non muslim, tetap saling membantu. Seperti Nabi Muhammad dulu, semua yang kena musibah dibantu. Termasuk kepada non muslim," terang Marzuqi.

Tim kemanusiaan PWNU Jatim dijadwalkan berada di Lombok, NTB selama satu bulan. Setelah itu di evaluasi dan jika masih dibutuhkan akan ada tim lain yang menyusul ke Lombok. nt