Ilustrasi kanker payudara.

SURABAYAPAGI.com - Berdandan sudah lekat dengan identitas wanita. Namun nyatanya ada hal yang tidak pernah mereka sadari. Sebuah studi menunjukkan memakai make-up memiliki efek samping seperti mempengaruhi kadar hormon wanita.

Dikutip dari Mirror, Selasa, 18 September 2018, tim peneliti dari George Mason University, Virginia, Amerika Serikat, melihat hubungan antara bahan kimia yang banyak digunakan dalam produk kosmetik dengan perubahan hormon reproduksi.

“Penelitian ini menguji campuran bahan kimia yang banyak digunakan dalam produk perawatan pribadi. Kaitannya dengan hormon wanita pada usia reproduksi yang sehat, menggunakan beberapa pengukuran keterpaparan saat menstruasi," kata Ketua Tim Peneliti, Anna Pollack.

Ia melanjutkan, siklus yang diamati pada penelitian bergantung pada satu atau dua jenis bahan kimia.

Anna mengingatkan intisari yang harus diambil dari penelitian ini adalah wanita perlu berhati-hati tentang bahan kimia dalam produk kecantikan dan perawatan pribadi yang digunakan.

Kombinasi bahan kimia lainnya dikaitkan dengan peningkatan hormon reproduksi.

“Kami memiliki indikator awal. Bahan kimia seperti paraben dapat meningkatkan kadar estrogen. Jika temuan ini dikonfirmasi oleh penelitian tambahan maka itu bisa memunculkan penyakit. Seperti estrogen akan muncul kanker payudara," jelas Anna.