Para peserta saat praktek langsung transplantasi terumbu karang di Bangsring Under Water.

SURABAYAPAGI, Banyuwangi- Ratusan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten/Kota dari 13 Propinsi Wilayah III, belajar dan praktek langsung mengenai transplantasi terumbu karang di kawasan konservasi Bangsring Under Water (Bunder), Kecamatan Wongsorejo, Kamis (4/10).

Dijelaskan dan dipandu langsung oleh penggagas Bunder yang juga peraih penghargaan Kalpataru, H Ikwan Arief, para Kadis antusias dan ingin segera menerapkan didaerah masing-masing. “Secara umum, sebagian besar wilayah kabupaten di Indonesia bagian Timur memiliki perairan laut. Karena itu, mereka antusias mengikuti kegiatan di kawasan Bunder ini. Dan terkait transplantasi karang, banyak hal yang mereka tanyakan,” jelas Ikhwan Arief.

Sebagaimana diketahui, ratusan Kadis Pariwisata itu datang ke Banyuwangi dalam rangka mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakornis) Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional III yang diselenggarakan oleh Deputy Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI di Hotel Aston, Banyuwangi.

Selain ke kawasan konservasi Bangsring Under Water, sebelumnya para peserta Rakornis juga mengunjungi Desa Wisata Kemiren, Kecamatan Glagah dan Wana Wisata Sumber Manis di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro.bud