Instagram

SURABAYAPAGI.com - Untuk mencegah bullying atau perundungan di platformnya, Instagram meluncurkan berbagai fitur baru, salah satunya fitur anti bullying. Fitur ini akan bekerja dengan teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan untuk mencegah perundungan.

Dikutip dari laman Mirror, Rabu 10 Oktober 2018, fitur tersebut akan menyaring komentar pada saat pengguna melakukan siaran langsung atau live. Kecerdasan buatan itu secara otomatis mendeteksi bullying pada foto.

“Tidak ada tempat untuk bullying di Instagram. Jika ada pengguna yang melihat perilaku menyakitkan semacam itu di platform kami, mereka dapat melaporkannya dan kami menghapusnya,” ujar Head of Instagram, Adam Mosseri dalam pengumuman di blog perusahaan.

Sementara itu, filter komentar sudah diperkenalkan pada feed, expore, dan profil beberapa bulan yang lalu. Namun saat ini, Instagram telah menambahkan hal tersebut ke video live, dengan harapan mencegah perundungan.

Instagram juga merilis filter baru yang dinamakan Kindness Camera Effect. Ini menjadi cara untuk menyebarkan pesan positif pada platform tersebut.

Saat menggunakan kamera belakang, efek akan memenuhi layar dengan beberapa komentar baik dalam berbagai bahasa. Untuk efek kamera depan akan ada efek hati dan juga permintaan ’tag a friend you want to support’.

Hadirnya fitur baru anti bullying ini bersamaan dengan Bulan Pencegahan Bullying Nasional atau National Bullying Prevention Month di Amerika Serikat. Selain itu bulan depan Inggris merayakan pekan anti-bullying.

Fitur anti bullying itu melengkapi filter kolom komentar yang menggunakan machine learning yang diluncurkan Instagram pada tahun lalu. Mesin ini akan mendeteksi kata-kata ofensif dan menyinggung.