Lightning port iPhone

SURABAYAPAGI.com - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, sedang menyiapkan seri Samsung Galaxy S10. Smartphone anyar ini kemungkinan besar hadir dengan sejumlah fitur yang menarik yakni sensor sidik jari di bawah layar sampai kamera tiga lensa.

Dikutip melalui laman BGR, Kamis 11 Oktober 2018, perusahaan Korea Selatan itu akan membuat tiga versi Galaxy S10, variasi keempat merupakan model termahal yang diharapkan menghadirkan konektivitas 5G. Laporan terbaru dari media Korea mengungkapkan, ada hal lain yang menarik mengenai ponsel andalan Samsung ini.

Samsung bakal menjilat ludah sendiri pada dengan rumor menghapus headphone jack 3.5 mm pada Samsung Galaxy S10.

Jika benar langkah itu diambil, artinya Samsung mengekor Apple kala merilis iPhone 7 beberapa tahun lalu. Saat itu, Samsung mengejek Apple yang memutuskan membuang port audio 3.5 mm pada iPhone 7. Sebagai alternatif, Apple merilis AirPods.

Selain Samsung, perusahaan teknologi juga ramai mengejek langkah Apple itu. Namun belakangan satu per satu perusahaan yang mengejek malah mengikuti jejak Apple.

Misalnya pada tahun lalu, Google menghapus audio headphone audio jack 3.5 mm padasmartphone Pixel 2, OnePlus juga serupa menghilangkan headphone jack itu pada OnePlus 6T.

Menurut ETNews dimulai dari Galaxy Note 10 atau Galaxy S11, mereka hanya menampilkan port USB-C yang akan bekerja dengan headphone USB-C. Samsung juga akan menyediakan dongle untuk membuat transisi dari 3.5 mm menjadi USB-C menjadi lebih mudah.

Dalam laporan perusahaan tidak menyebut alasan, namun jika melihat dari sisi desain, maka akan menemukan jawabannya. Dengan menghilangkan headphone jack, Samsung dapat membebaskan ruang internal untuk meningkatkan ukuran baterai, menambah komponen lain, atau menghilangkan bezel bawah dan membuat ponsel lebih tipis dari sebelumnya.