Teh Korea

SURABAYAPAGI.com - Nampaknya, negara yang terkenal dengan sebutan negeri ginseng, atau Korea, menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat diincar oleh wisatawan mancanegara termasuk Indonesia.

Meskipun Korea bukan menjadi pusat fashion internasional, namun produk yang dikeluarkannya selalu bisa menjadi tren dan menarik perhatian masyarakat.

Nah, jika Anda berjalan-jalan ke Korea, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh terkenal dari Korea khas negeri gingseng berikut ini.

1. Kosmetik

inikpop.com

Tentunya oleh-oleh yang satu ini sangat booming, terutama di kalangan kaum wanita. Apalagi di Indonesia, kosmetik asal Korea menjadi pilihan dan sedang banyak dicari masyarakat.

Jika Anda membawakan oleh-oleh untuk teman Anda berupa kosmetik Korea, tentunya bisa membuat teman Anda makin cantik. Harga yang ditawarkannya pun lebih murah dibanding jika sudah masuk ke tanah air.

Salah satu pusat kosmetik di Korea, adalah Myeongdong, Anda akan menemukan hamparan kosmetik yang melimpah di sini.

2. Hanbok

Amazon.com

Siapa yang tidak tahu dengan hanbok? Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun hanbok ini merupakan oleh-oleh terkenal dari Korea yang berupa pakaian adat asli orang Korea.

Tidak ada salahnya Anda berbagi kebahagiaan berwisata Anda dengan memberikan hanbok sebagai buah tangan untuk orang-orang terkasih.

Apalagi desainnya yang unik dan varian warnanya yang menarik, pastinya membuat teman Anda sangat bahagia dan tetap merasakan kesan Korea meski tidak langsung.

3. Pernak-pernik Hallyu

Kumparan.com

Jika teman, saudara atau kerabat Anda penggemar artis-artis Korea, pernak-pernik Hallyu ini sangat cocok dijadikan buah tangan.Untuk mendapatkan pernak-pernik khas ini, Anda bisa mengunjungi Myeongdong, Insadong, Namdaemun, atau Dongdaemun.

Di sana, Anda bisa menemukan oleh-oleh khas artis Korea seperti CD/DVD film, buku-buku beserta tanda tangannya, hingga aksesoris seperti topi, jaket, kaos, lighstick, sepatu, dan lain-lain. Bahkan, tak jarang juga ketika Anda membeli CD, Anda akan diberikan poster yang cukup besar. Menarik bukan?

4. Aksesoris

bukalapak.com

Selain kosmetik, kipas, produk fashion ala artis Korea, atau makanan khas, Anda bisa pilih aksesoris untuk buat tangan Anda saat kembali ke tanah air.

Korea banyak menyediakan aksesoris yang lucu dan unik seperti bando, bross, cincin, kalung, atau kacamata untuk menunjang penampilan agar lebih stylish dan menarik.

Banyak aksesoris-aksesoris yang modelnya sering dipakai artis Korea, dan Anda bisa menemukan dan membelinya langsung saat jalan-jalan ke Korea. Anda bisa mengunjungi Hongdae, Sinchon, atau Myeongdong untuk menemukan aksesoris menarik Korea tersebut.

5. Buchae

indigenouspeoplenet.blogspot.com

Ini cocok dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh jika Anda ingin membelinya dalam jumlah yang lumayan banyak. Buchae ini adalah kipas khas Korea yang unik.

Desainnya menarik, warna yang dipadukannya juga sangat khas. Biasanya, kipas ini adalah produk handmade pengrajin Korea.

Bentuk dan warna bisa menyesuaikan keinginan Anda, harga yang ditawarkan pun tidak mahal dan cocok dibeli dalam jumlah banyak sebagai buah tangan. Anda bisa dengan mudah menemukan kipas ini di Insadong.

6. Dojang

One Step Ahead – WordPress.com

Sebetulnya, Dojang ini digunakan untuk menandatangani kontrak atau cek bank di sana. Namun, kini stempel khas Korea ini sudah dijadikan oleh-oleh atau cinderamata khas.

Anda bisa meminta pengrajin Dojang untuk membuatkan stempel khas negeri ginseng dengan bertuliskan nama Anda, atau nama teman dan kerabat Anda menggunakan Hangul Korea dengan bentuk yang unik sesuai pilihan.

Cinderamata ini banyak dijual dan dijajakan di pasar-pasar souvenir khas Korea. Bahkan hampir semua toko cinderamata menyediakannya. Anda akan mudah mendapatkan buah tangan ini, bahkan harganya pun murah meriah dan tidak akan menguras kantong Anda.

Selain oleh-oleh khas Korea yang bisa membuat penampilan Anda, keluarga atau teman-teman Anda makin cantik juga menarik, Anda bisa menjadikan beberapa buah tangan terkenal negeri gingseng yang tak kalah diincar dan sangat dicari untuk dibawa pulang ke Indonesia seperti makanan atau minuman khas.

Jika berkunjung ke Korea, Anda bisa dengan mudah menemukan beberapa makanan yang bisa menambah kesan liburan di Korea Anda lebih mengesankan.

7. Ginseng

youtube.com

Datang ke negeri gingseng, tentu sangat terasa kurang bukan jika tidak membawa ginseng untuk oleh-oleh? Ternyata, gingseng yang asli, harganya tidak murah. Bisa mencapai 6satu jutaan.

Meskipun memang harganya terbilang cukup menguras kantong, namun manfaat dari ginseng ini sangat banyak untuk tubuh. Jika Anda tidak tahu cara mengolah ginseng mentah atau baku, Anda bisa memilih olahan dari ginseng asli yang sudah dibuat minuman, makanan, obat, atau kosmetik.

8. Teh Korea

phoenix-teashop.com

Berbeda dengan teh biasanya, teh Korea ini memiliki citarasa, sejarah dan juga tradisi Korea yang sangat kental. Teh Korea ini sangat cocok Anda jadikan oleh-oleh terkenal dari Korea.

Bukan sebagai minuman, namun juga sebagai sharing sejarah dan budaya Korea yang sudah Anda kunjungi ke teman atau kerabat Anda. Anda bisa menemukannya di beberapa pusat belanja Korea.

Varian rasanya pun beragam dan unik, seperti brown rice tea, teh hijau dari Pulau Jeju, Omija, citron tea, atau teh ginseng.

9. Snack Korea dan Kimchi

surakoreancuisine.com

Hampir setiap orang, baik muda atau tua, pasti suka snack atau cemilan. Jika Anda berkunjung ke Korea, jangan lupa membawakan teman, keluarga dan kerabat Anda makanan ringan khas Korea.

Banyak aneka cemilan yang aneh dan unik disediakan dan dijual di berbagai toko Korea. Dari mulai aneka keripik, kue, coklat, dan sebagainya. Selain mudah ditemukan, harga setiap cemilan pun tergolong relatif murah.

Namun, untuk Anda yang Muslim, perhatikan juga ya kandungan bahan yang tertera dalam makanannya.

Selain cemilan, Korea pasti tidak bisa lepas dari yang namanya kimchi. Makanan yang satu ini seolah-olah sudah menjadi pelengkap yang melekat di Korea.

Jika Anda ingin membelikan buah tangan yang khas untuk dibawa ke tanah air, kimchi ini merupakan pilihan cocok. Meskipun makanan ini semacam asinan sawi putih, namun rasa yang dihadirkan tentu berbeda karena bumbu dan teknik memasaknya.

Anda bisa menjadikan kimchi sebagai oleh-oleh dengan membeli kimchi yang sudah dalam kemasan. Baik kemasan botol kaca atau pun plastik.

10. Hangwa

k-farm.or.kr

Anda juga bisa membawakan oleh-oleh Hangwa atau kue khas Korea. Biasanya, kue ini akan terbuat dari tepung beras yang dicampur madu, gula, wijen, serta bahan lainnya.

Teksturnya sangat unik, pembuatannya juga cukup rumit dan berbeda dari kue biasa di tanah air. Harganya pun bervariatif, dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan khas Korea ini di toko-toko penjual makanan dan pusat oleh-oleh Korea.

Selain beberapa oleh-oleh tersebut, masih banyak lagi oleh-oleh khas Korea yang bisa Anda beli sebagai buah tangan pulang ke Indonesia. Yang jelas, ketika akan membeli oleh-oleh, tentunya harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Jangan karena Anda sangat tertarik dan terlalu bersemangat membeli buah tangan yang menarik untuk dibawa pulang, sampai-sampai Anda lupa untuk mengelola budget dan pembiayaan Anda.