Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tiga orang meninggal dan delapan orang luka-luka akibat gempa dengan kekuatan 6,3 SR yang mengguncang Situbondo, Jawa Timur, Kamis, 11 Oktober dini hari.

"Tiga orang meninggal dan 8 luka akibat gempa di Jawa Timur,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Kamis, 11 Oktober 2018.

Adapun beberapa kota yang merasakan guncangan gempa, yaitu Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan.

Kemudian Kota Pasuruan, Kota Batu Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto.

"25 rumah dikabarkan rusak di Kabupaten Sumenep," kata Sutopo.

Sebelumnya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan, tiga warga Pulau Sapudi meninggal dunia akibat dari gempa di Situbondo pada Kamis dini hari. "Laporan sementara, 20 rumah rusak," kata Arif di Markas Polda Jatim, Surabaya, saat bersiap-siap ke Sapudi bersama gubernur dan kapolda Jatim, Kamis, 11 Oktober 2018.

BMKG melaporkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 Lintang Selatan dan 114,43 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.