Baiq Riny Ariyani, wanita bercadar yang maju jadi caleg di Kota Mataram.

SURABAYAPAGI.com - Seorang perempuan bercadar di Mataram mendadak viral di media sosial. Dia maju mengikuti pemilu legislatif (pileg) Kota Mataram dengan foto wajah di surat suara yang juga menggunakan cadar.

Perempuan yang diketahui bernama Baiq Riny Ariyani, mengaku akan maju pileg untuk memperjuangkan cadar agar tidak menjadi busana yang dianggap identik dengan radikalisme.

Surat suara dapil Kota Mataram 1

"Terpanggil hati saya untuk mewakili kaum muslimah, dimana pakaian syar’i sesuai syariat Islam menjadi pro-kontra, selalu identik dengan ekstrimis," ujarnya, Rabu, 17 Oktober 2018.

Riny yang sehari-harinya akrab bersama wartawan ini ingin membuktikan bahwa tidak semua perempuan bercadar apatis terhadap politik dan kepentingan bangsa. Dia ingin maju untuk menunjukkan perempuan bercadar juga peduli terhadap bangsa.

    "Saya juga akan buktikan bahwa perempuan bercadar tidak selamanya apatis terhadap kondisi bangsa. Mereka juga ingin membangun Indonesia," kata mantan penyanyi cafe ini.

    Riny Ariyani maju melalui Partai Bulan Bintang dapil Kota Mataram 1. Dia berharap majunya sebagai caleg bercadar tidak dipandang pesimis banyak orang.

    "Karena niat saya ingin perjuangkan kaum muslimah," ujarnya.