Karo pos Polda Jatim Kombes Pol. Hery Situmpul saat memberikan arahan kepada anggota yang akan berangkat ke Sampang.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Untuk menjaga Kamtibmas di pulau Sampang, Madura yang melakukan pencoblosan ulang, sebanyak 274 personel dari jajaran Polda Jawa Timur kembali dikirim.

Sebelumnya, sebanyak 700 personel dari Brimob Polda Jatim telah dikirim pada Senin (22/10). "Kemarin sudah diberangkatkan Brimob 700 personel. Hari ini kepala biro operasional memberangkatkan lagi 274 personel," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (24/10/2018).

Masih kata Barung, para personel dikirim untuk mempertebal keamanan. Rencananya, minimal ada satu personel di tiap TPS. Para personel ini juga akan dibantu pihak TNI dan Linmas.

"Dengan maksud mempertebal pengamanan ke TPS nantinya. Satu TPS dibackup minimal 1 anggota dengan tambahan TNI dan Linmas," papar Barung.

Ditanya daerah mana saja yang rawan bentrokan dan mendapat prioritas keamanan lebih, Barung menambahkan sesuai instruksi Kapolda, semua daerah mendapat pengamanan yang rata. Semua personel pun disiagakan di seluruh wilayah Sampang.

"Kapolda telah menyampaikan jika tak ada prioritas karena semua prioritas. Misalnya di Sampang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semuanya siap," katanya.

Sementara itu, saat memberangkatkan personel, Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Heri Situmpol berpesan agar para anggota bertanggung jawab penuh terhadap keamanan. Karena Pilkada yang diulang hanya terjadi di Jatim saja.

"Pilkada yang diulang di Indonesia hanya Jawa Timur saja. Maka dari itu saya mengimbau kepada anggota Polda Jatim yang di BKOkan dan anggota polres jajaran yang ikut serta mengamankan nanti harus benar-benar baik dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi kewajiban kita sebagai anggota Polri," pesan Heri sebelum anggota berangkat ke Sampang. nt