Ilustrasi Isi dalam Kulkas

SURABAYAPAGI.com - Kulkas atau lemari es menjadi salah satu peralatan yang berperan penting dalam aktivitas rumah tangga. Mengingat fungsinya sebagai penyimpan bahan baku makanan.

Tetapi sebagian dari kita pasti tidak tahu berapa suhu optimal kulkas. Ini penting untuk memastikan isinya tidak rusak sebelum waktu yang seharusnya.

Suhu optimal kulkas yang disarankan oleh Food Standards Agency (FSA) antara 0° C hingga 5° C dan tidak boleh lebih. Menurut WRAP’s Love Food Hate Waste, Helen White, penting menyimpan bahan makanan dan sisa makanan dalam kondisi suhu yang tepat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri.

Sebab secara umum, semakin dingin suhu, pertumbuhan bakteri menjadi melambat. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek suhu kulkas menggunakan termometer kulkas. Hal ini karena suhu di kulkas tidak selalu menunjukkan suhu yang tepat.

Dilansir dari laman Metro, untuk bagian terdingin dari kulkaa harus di bawah 5°C. Selain itu yang perlu Anda perlu tau adalah jangan mengisi kulkas terlalu penuh. Sebab memberikan ruang dalam kulkas untuk memudahkan sirkulasi udara dan mempertahankan suhu yang optimal.

Jika kulkas Anda terlihat penuh, keluarkan barang-barang yang tidak perlu didinginkan, seperti bir. Ini akan memberi ruang bagi barang-barang yang perlu didinginkan karena alasan keamanan, seperti makanan mentah, siap saji dan makanan matang.

Selain itu, berikut ini beberapa tips menyimpan makanan di kulkas.

1. Simpan makanan apapun menggunakan berdasarkan tanggal, bersama dengan hidangan matang, salad, dan produk susu, di kulkas Anda

2. Dinginkan makanan terlebih dahulu dalam suhu ruangan kemudian simpan di lemari es dalam satu hingga dua jam.

3. Jangan biarkan pintu lemari es terbuka terlalu lama.