Air putih

SURABAYAPAGI.com - Mungkin Anda pernah mendengar bahwasanya air putih bisa dijadikan alternatif diet untuk membantu penurunan berat badan. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ada penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air dalam sehari dapat membantu mengurangi dan menurunkan berat badannya dibandingkan dengan orang yang tidak cukup minum.

Bagaimana air bisa membantu menurunkan berat badan? Inilah beberapa alasannya yang perlu Anda ketahui.

Makan lebih sedikit
Ada banyak contoh ketika kita merasa seolah lapar, tetapi nyatanya hanya haus. Tetap terhidrasi sepanjang hari dapat mencegah kita makan secara berlebihan karena kita sadar bahwa apa yang dirasakan tersebut hanyalah kehausan.

Alasan lain mengapa minum air baik untuk tujuan penurunan berat badan adalah dapat membantu makan lebih sedikit pada saatnya makan karena perut terasa kenyang. Jadi, jika Anda ingin mengurangi asupan makanan berlebih, minumlah segelas air sebelum waktu makan.

Mempercepat metabolisme
Metabolisme adalah faktor yang bertanggung jawab untuk memecah makanan yang kita makan, tetapi ketika prosesnya melambat karena gaya hidup yang tidak aktif, atau jumlah makanan berlebihan yang dimakan, kemungkinan berat badan akan naik.

Minum sekitar 2 gelas air bermanfaat untuk metabolisme karena berfungsi sebagai katalis untuk mempercepat prosesnya. Salah satu alasan di balik ini adalah bahwa tubuh kita harus menghasilkan lebih banyak energi agar dapat memanaskan air di tubuh ke tingkat yang sama dengan suhu tubuh kita.

Dan karena ini, metabolisme tubuh dapat meningkat 30 hingga 40 menit setelah minum air yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Mencegah keinginan minum minuman manis
Alasan lain minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan adalah karena dapat mencegah keinginan minun minuman manis. Anda mungkin berpikir bahwa minum soda, jus buah, dan bahkan Frappuccino, atau bahkan cappuccino tidak akan berpengaruh banyak pada berat badan Anda.

Sayangnya, minuman ini sarat dengan pemanis buatan yang bisa meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mengarah ke penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya juga.

Meskipun mudah untuk berasumsi bahwa untuk tetap terhidrasi, Anda perlu minum, tetapi jika Anda minum minuman manis, justru Anda akan berisiko terkena diabetes. Air minum, di sisi lain, untuk memastikan kita tidak haus, juga akan mencegah dari keinginan minum minuman manis.

Berapa Banyak Jumlah Air Yang Harus Kita Minum?
Sekarang kita sudah tahu betapa pentingnya air terkait dengan penurunan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, pertanyaan berikutnya adalah, berapa banyak air yang kita butuhkan untuk diminum setiap hari?

Pakar kesehatan sering menganjurkan minum sekitar 2 liter air per hari yang setara dengan delapan gelas yang mengandung 8 ons air setiap hari. Namun, jumlah ini sebenarnya tidak tepat pasti, melainkan hanya sebagai pedoman jumlah konsumsi air putih secara umum.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika minum air untuk menurunkan berat badan. Meskipun banyak yang bertahan dengan 8 gelas air per hari, jika Anda adalah orang yang aktif, atau cenderung berkeringat banyak, Anda mungkin perlu lebih banyak untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Kabar baiknya adalah selain air, Anda juga bisa mendapatkan tambahan hidrasi dari buah dan sayuran, jadi pastikan Anda menambahkannya ke dalam diet harian.