Air kelapa

SURABAYAPAGI.com - Hampir semua orang mengetahui betapa banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui sebenarnya air kelapa juga memiliki kekurangan atau efek samping.

Air kelapa kaya akan sumber kalium, mangan, magnesium, folat, selenium dan kalsium. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang mampu memberikan energi untuk tubuh.

Namun, meskipun dianggap sebagai minuman ajaib, ada aspek tertentu dari air kelapa yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda terlibat di dalamnya. Jadi, ketahui sepuluh hal berikut ini terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk minum air kelapa.

Mempengaruhi tingkat natrium
Menurut Departemen Pertanian AS, satu cangkir air kelapa segar mengandung 252 mg sodium. Bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, harus menghindari atau membatasi asupan air kelapa.

Alergi
Beberapa orang ada yang alergi terhadap makanan dan minuman tertentu. Air kelapa juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang alergi terhadapnya.

Memiliki sifat diuretik
Mengonsumsi terlalu banyak air kelapa bisa membuat Anda sering ke toilet. Air kelapa mengandung banyak potasium, yang berfungsi sebagai diuretik alami, membantu ginjal mengeluarkan air. Ini berarti, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan air.

Tinggi gula
Secangkir air kelapa mengandung 6,26 gram gula. Jadi, konsumsi air kelapa harus dihindari oleh penderita diabetes.

Bertindak sebagai laksatif
Konsumsi air kelapa berlebih bisa berbahaya. Karena dapat memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan Anda, karena air kelapa adalah pencahar alami. Orang dengan sindrom iritasi usus harus menghindari terlalu banyak minum air kelapa.

Menurunkan tekanan darah
Minum banyak air kelapa dapat menurunkan tekanan darah Anda secara signifikan. Jadi, bagi Anda penderita tekanan darah rendah harus membatasi asupannya.

Ketidakseimbangan elektrolit
Kelebihan konsumsi air kelapa bisa berakibat fatal, karena dapat menyebabkan hiperkalemia. Ini dapat menyebabkan kelemahan, pusing dan hilang kesadaran. Jika Anda ingin meminumnya setelah olahraga, konsultasikan dulu ke dokter untuk memastikan semuanya aman.

Air kelapa kemasan mengandung kalori tinggi
Air kelapa segar relatif rendah kalori. Setiap cangkirnya mengandung 46 kalori. Air kelapa kemasan atau dalam botol mengandung 92 kalori, yang akan menambah berat badan. Jadi, sebaiknya pilih air kelapa segar daripada yang dikemas.

Tidak baik untuk atlet
Banyak yang meyakini kalau air kelapa adalah minuman olahraga yang sangat cocok untuk atlet. Padahal, air kelapa tidak dapat disandingkan dengan minuman olahraga yang dibutuhkan atlet. Untuk menambah energi dan kinerja, atlet tidak dapat minum air kelapa karena rendah karbohidrat.

Harus dikonsumsi segar
Setelah membukanya, Anda harus segera meminumnya. Jangan menyimpannya dalam waktu yang lama, karena semua nutrisi pentingnya akan hilang jika Anda membiarkannya dalam waktu lama.