Ratusan suporter Persebaya (Bonek) membuat onar di depan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Minggu (04/11). foto : SP/Julian.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Laga panas di pekan ke 29 lanjutan Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta menyedot perhatian warga Surabaya, utamanya suporter militan bonek mania.

Tiket pertandingan yang dihelat di Gelora Bung Tomo, Benowo Surabaya, Minggu (4/10) itu bahkan sudah ludes sejak tiga hari sebelum kick off pertandingan.

Ribuan suporter memadati tribun yang hampir tak bersela itu sejak pukul 12.00 WIB. Meski sudah penuh sesak sesuai dengan kuota tiket yang disediakan panitia pelaksanan pertandingan, lagi-lagi masih ada saja oknum suporter yang berulah diluar stadion.

Terpantau, sekitar satu jam sebelum kick off bergulir, barisan oknum suporter yang tak mendapat tiket nekat datang. Hasilnya, mereka berulah, ketika polisi mencoba memukul mundur barisan oknum suporter tak bertiket itu keluar area stadion.

"ayo keluar semua, yang bawa tiket silahkan masuk," teriak polisi mengatur gerak massa.

Tak terima dengan halauan petugas, oknum suporter itu lantas melempari barikade Dalmas Ditsabhara Polda Jatim itu dengan batu. Polisi pun memberikan tindakan berupa tembakan gas air mata.

Kejadian penghalauan dari area stadion menuju pos gerbang masuk area dilakukan sekitar 30 menit menjelang pertandingan. Ulah oknum suporter itu nyaris melukai petugas lantaran mereka menembus area tambak hanya untuk melempari petugas.

Sekitar tiga puluh menit pertandingan berjalan, sorak sorai gol kedua Okyavianus dalam stadion bergema. Bersamaan dengan itu, oknum Suporter tak bertiket itu kembali berulah. Mereka membakar tembikar disekitar area stadion dan sejumlah ban pembatas di sirkuit Bung Tomo Surabaya.

Bahkan, mereka nekat melempari empat wartawan dengan batu. Satu motor wartawan diserang. Namun beruntung, polisi kembali memukul mundur mereka yang berulah.

"saya ambil gambar diteriaki, kemudian dilempar batu, kami lari, motor saya tertinggal. sempat dirusak tapi tidak parah karena ada polisi," kata Boncel wartawan televisi itu.

Atas tindakan itu, sekitar delapan oknum suporter yang dianggap melakukan pembakaran diamankan oleh polisi. Meski ada sejumlah insiden, pertandingan didalam stadion berjalan aman dan nyaman.

Persebaya Surabaya sukses menyuguhkan permainan cantik berikut kemenangan kepada suporter loyalnya. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Persebaya membuat klub berjuluk bajol ijo ini merangkak ke papan tengah klasmen sementara. fir


foto : SP/Julian.