SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Baik orang dewasa maupun anak kecil kebanyakan tak menolak jika disodori ayam goreng. Terbukti, banyak penjual yang menawarkan menu ini sebagai menu utama. Termasuk, franchise internasional yang membuka cabang di Indonesia.

Namun, Indonesia juga memiliki menu ayam goreng dengan cita rasa khas yang tak kalah nikmat. Enam menu ayam goreng khas Indonesia yang bisa jadi menu pilihan Anda bersama keluarga di rumah lho.

1. Ayam Goreng Kalasan

Ayam kalasan merupakan ayam goreng tradisional pertama yang sering dijual dan disantap masyarakat Indonesia. Terbuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, kemiri, kunyit, ketumbar, gula merah, sereh, salam, dan juga bawang putih.

Satu hal yang perlu diingat, ciri khas ayam goreng kalasan asal Sleman, Yogyakarta ini menggunakan air kelapa yang dapat menambah rasa daging ayamnya semakin terasa.

2. Ayam Goreng Lengkuas

Namanya saja sudah ayam goreng lengkuas, artinya ada penambahan parutan lengkuas sebagai pelengkap, sehingga aroma khasnya menjadi sangat kuat dan harum.

Untuk membuat ayam goreng lengkuas ini, pertama-tama ayam harus diungkep atau didiamkan bersamaan dengan bumbu rempah-rempah yang sudah diracik. Setelah itu, ayam baru siap digoreng bersamaan dengan parutan lengkuas yang akan mengering sehingga serat-serat lengkuas serupa seperti kremesan.

3. Ayam Goreng Kremes

Tekstur ayam goreng nan garing ini memiliki cita rasa yang sangat unik. Terbuat dari campuran bumbu rempahan. Cara membuatnya pun harus diungkep namun harus ditambahkan air kelapa setelah matang. Selanjutnya, ayam siap digoreng, dan sisa bumbu yang ada ditambahkan dengan air kelapa lagi, lalu goreng bumbu tersebut sehingga didapatkan kremesan yang renyah.

4. Ayam Goreng Serundeng

Serupa tapi tak sama dengan ayam goreng lengkuas. Cara memasak juga sama, tetapi ada perbedaan secara kasat mata yang bisa terlihat pada penampilannya. Ayam goreng serundeng ini, terbuat dari rempah-rempah serta ada penambahan parutan kelapa.

5. Ayam Goreng Penyet

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini menggunakan ayam dengan potongan utuh, seperti dada, paha, hingga ayam yang tulangnya masih menempel. Sebelum digoreng dan dipenyet, ayam biasanya diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning hingga meresap.

Perbedaan lainnya, daging ayam hanya dipenyet di atas cobek berisi sambal tomat atau sambal terasi. Hasilnya daging menjadi agak pipih, tapi tak sampai hancur. Uniknya, semakin ke sini, sambal yang digunakan untuk ayam penyet makin bervariasi. Ada yang menyajikannya bersama sambal hijau, sambal korek, hingga sambal bawang.

6. Ayam Goreng Paniki

Ayam goreng paniki ini memiliki rasa yang sangat gurih karena dimasak dengan menggunakan santan, kemudian digoreng hingga kering. Ditambah dengan taburan daun jeruk dan daun pandan membuat ayam ini memiliki aroma wangi yang sangat menggugah selera.

Dengan diolah dengan beraneka rempah khas Indonesia menjadikan resep ayam goreng paniki ini memiliki kelegitan rasa hingga ke dalam dagingnya. (FF)