SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Para tokoh lintas agama berkumpul di kediaman calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut salah perwakilan dari Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Hartati Murdaya Poo, pertemuan membahas persatuan jelang Pemilu 2019.

"Pembahasannya bagaimana Indonesia bersatu dan mencintai negeri ini. Persoalan Pemilu kan hanya persoalan jangka pendek," kata Hartati di lokasi seusai pertemuan tertutup, Senin (5/11). "Bagaimana tetep saling mengasihi selaku umat lintas agama. Lalu bagaimana para cendekiawan dari kelompok agama berbuat sesuatu yang lebih baik untuk negeri, untuk semua, tanpa pamrih," lanjutnya.

Hartati menyampaikan dalam pertemuan tersebut hadir juga perwakilan dari agama lain, mulai dari Kristen, Katolik, Hindu hingga Koghucu. Pertemuan mereka dan Ma’ruf berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Menurut dia, tak ada pembahasan terkait dukungan di Pilpres bersama Ma’ruf dan lebih fokus bagaimana menjaga kerukunan di masyakarat selama tahun politik. "Kita hanya berupaya supaya bisa bersahabat dengan semuanya. Walaupun sekarang ini berhadap-hadapan, tetap kita sebangsa dan setanah air. Kita tetap harus memikirkan kepentingan besar," jelas dia.

Ia juga meyakini para tokoh lintas agama dapat berpikir dalam kacamata seorang cendekiawan dalam menyikapi Pemilu 2019 nanti. "Mudah-mudahan semuanya bisa tercapai. Kita berdoa aja," pungkasnya. Jk