Ilustrasi Velg Mobil

SURABAYAPAGI.com - Salah satu komponen pada mobil yang dianggap kurang menarik oleh pemilik adalah pelek. Untuk mengubahnya, umumnya dilakukan pergantian pelek beserta ban.

Sayangnya, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Meski pelek aftermarket incaran terlihat menggoda, namun belum tentu ukuran yang tersedia cocok dengan spesifikasi mobil Anda.

Pemilik mobil harus memahami, berapa besar ruang yang tersedia di sepatbor, serta memastikan gerak roda depan saat berbelok tidak mentok ke bodi mobil.

“Banyak kasus, pemilik mobil beli pelek lebar, tapi mentok saat dipakai belok,” ujar salah satu anggota komunitas Toyota Avanza, Yudo di Jakarta, Rabu 7 November 2018.

Ia menuturkan, baik diameter maupun lebar pelek harus menjadi perhatian khusus. Untuk diameter, disarankan tidak lebih dari dua tingkat.

“Misalnya, Toyota Avanza pelek 14 inci. Ganti dengan 16 inci masih masuk, tapi harus lihat lebar peleknya,” tuturnya.

Jika memang ingin memakai pelek yang lebih besar, maka langkah yang harus dilakukan adalah menambah ruang pada sepatbor.

“Bisa dengan ganti suspensi, atau menaikkan mangkuk per depan. Cara kedua lebih murah, tapi risikonya lebih besar. Kalo las-lasannya tidak bagus, bisa jebol,” ungkapnya.

Acara komunitas mobil

Sebagai informasi, jika ingin mengetahui banyak soal modifikasi Avanza dan Xenia, Anda bisa mengunjungi acara kontes Modifikasi Avanza Xenia Indonesia Auto Modfest 2018, yang digelar pada 22-23 Desember 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Kontes ini dibuat untuk menjadi wadah bagi para komunitas dan pencinta mobil yang menyukai dunia modifikasi,” ujar ketua panitia, Sarwan Edi.

Ia juga berharap, acara tersebut akan menjadi ajang tukar pendapat para pencinta modifikasi mobil dari segala segmen.