Wakapolda Jawa timur Brigjen pol. M Iqbal saat sidak rumah sakit Samsoeri Mertojoso.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gedung Instalasi Gawat Darurat rumah sakit Samsoeri Mertojoso Polda Jatim pada lantai 3, terbakar Rabu (7/11/2018). Kepulan asap membuat pegawai dan pasien yang bertugas dan kontrol langsung keluar untuk menyelamatkan jiwa masing-masing.

Pantauan di lapangan, mobil huru-hara dari Ditsabhara langsung merapat ke gedung rumah sakit untuk melakukan pembasahan.

Sedangkan mobil pemadam kebakaran dari Unit Pos Jambangan tiba langsung melaksanakan pemadaman, api padam 13.15 WIB dan dilakukan pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif pada pukul 13.30 wib.

Dugaan awal yang terbakar berasal dari lantai 3 dan mengakibatkan di lantai 4 yang sebagai tempat pompa air terdampak asap. Yang terbakar adalah tumpukan cat yang berada di gudang tempat penyimpanan cat. Untuk bangunan masih dalam taraf pembangunan dan untuk lantai 3 masih dalam tahap finishing.

Sedangkan untuk di lantai 1 dipergunakan sebagai IGD dan sempat ada kepanikan dan lantai 2 digunakan sebagai ruang inap. Sedang lantai 4 tempat pompa air. Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

“Belum diketahui penyebab api di lantai tiga itu. Masih diselidiki,” kata WakaPolda Jatim Brigjen M Iqbal didampingi Irwasda Kombes Sutarjo, Karo Ops Kombes Hery Situmpol, Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera saat tinjau kondisi gedung IRD tersebut.

Gedung lantai tiga IRD yang belum tuntas 100% pembangunan itu atau posisi masih kosong. Bahkan empat mobil PMK yang datang itu tak berfungsi, karena bisa teratasi cukup dengan kendaraan Water Canon Shabara Polda Jatim.


Rumah sakit Samsoeri Mertojoso.