SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pada pembukaan International Public Service (IPS) Forum 2018, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, inovasi amat penting.

Salah satunya, adanya mall pelayanan publik. Tentunys, entrepreneurship bureaucracy membuat pelayanan publik menjadi mudah, cepat dan lebih baik. Persoalan rumitnya birokasi, sindirnya, masih dikeluhkan masyarakat dan dunia usaha.

"Itulah pentingnya inovasi. Salah satu contohnya, sekarang muncul Mal Pelayanan Publik untuk mensinergikan berbagai layanan yang ada sehingga lebih cepat dan baik. Upaya-upaya perbaikan pelayanan tersebut dapat menjadi contoh dalam mewujudkan birokrasi yang efisien," ucap JK di acara pembukaan The International Public Services (IPS) Forum 2018 di Jakarta, Rabu (07/11/2012).

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengaku bersyukur dan berterima kasih.

“Sesuai amanat dari Pak Jusuf Kalla, negara harus betul-betul melayani publik. Kita harus memberikan timbal balik kepada masyarakat dan mempersembahkan yang terbaik dalam pelayanan,” kata Syafruddin.

Acara bertaraf internasional ini menjadi awal bagi KemenPAN RB dalam pelayanan publik. Selain itu acara dengan tema “Expanding and Improving Public Services Delivery Through Collaborative Action” ini menampilkan Top 40 inovasi terbaik.

Inovasi terbaik tersebut terdiri dari lima inovasi kementerian, dua inovasi Kepolisian Negara RI, delapan inovasi pemerintah provinsi, 15 inovasi kabupaten, dan 10 inovasi dari pemerintah kota.

“Kompetisi inovasi pelayanan publik ini dilaksanakan di seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD,” tutupnya.