SURABAYAPAGI.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal motor listrik Gesits di dalam Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Motor listrik itu merupakan hasil kolaborasi PT Garasindo Teknologi Indo (GTI) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Motor listrik karya anak bangsa itu akan segera memasuki tahap produksi dan rencananya mulai diproduksi secara massal pada Januari 2019 mendatang.

Sebelumnya, Gesits telah diuji coba dan melalui pengembangan sejak tahun 2015.

Tak hanya itu, motor listrik tersebut juga telah menjalani tes drive dari Jakarta ke Bali.

Dilansir TribunSolo.com dari Kompas.com, Gesits memiliki daya motor 5KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 kilometer dalam daya baterai penuh, berkecapatan maksimal 100 km per jam.

Spesifikasi ini setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Motor listrik pertama yang merupakan karya anak bangsa ini akan dilepas ke pasaran di kisaran harga Rp 20 juta-Rp23 juta.

Hal itu diungkapkan Direktur PT Garasindo Teknologi Indo (GTI) Zaki Nahdi Saleh selaku salah satu pihak yang mengembangkan dan memproduksi Gesits.

"Kalau dari kita, dari industrinya, kurang lebih Rp 20 juta, harga pasar kurang lebih Rp 22 juta-Rp 23 juta," kata Zaki usai beraudiensi dengan Jokowidi Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11).