Sekda Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka acara Inovasi Desa. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa, Pemerintah Desa harus terus melakukan inovasi, apalagi untuk mewujudkan itu sarananya sudah ada dengan tersedianya anggaran desa yang bisa dipacu untuk memaksimalkan pembangunan.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi, saat membuka acara Rapat Kordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kamis (8/11), di Grand Hall Mahkota Jalan Sunan Drajat Lamongan.

Disebutkan olehnya, Pemerintah Daerah menginginkan semakin banyak inovasi yang di hasilkan oleh Desa. Karena dengan banyaknya inovasi, secara tidak langsung bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Yuhronur menyatakan, Pemerintah Daerah berkomitmen mendukung program Desa tersebut, sehingga dalam perumusan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2019, setengahnya di prioritaskan untuk Desa.

"Peran Desa sangatlah penting dalam perkembangan Kabupaten dan Negara.

Karena penyumbang PDRB terbesar berasal dari desa. Sehingga 50% porsi APBD di prioritaskan untuk Desa,"terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Yuhronur, segala potensi yang ada di Desa harus terus di bangkitkan dan di kuatkan, demi terciptanya kemandirian Desa. Sehingga manajeman Desa harus lebih baik dan lebih baik lagi.

"Pembangunan Desa harus terus dilakukan, khususnya dalam pengembangan kapasitas ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti peningkatan pendidikan dan literasi serta pemberdayaan, "terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Khusnul Yakin mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kemandirian Desa, karena jika Desa mandiri, bidang Ekonomi dan SDM, pasti kesejahteraan akan mudah di capai. Itulah pentingnya kami melalui TIK terus mendorong Desa untuk menciptakan atau meniru Inovasi yang ada.

"Kami terus berupaya untuk mengenalkan dan memberikan wawasan kepada masyarakat Desa tentang adanya inovasi Desa. Dengan tujuan untuk menciptakan kemandirian Desa" terang Khusnul dalam sambutannya. jir