Kebun Teh Sukawana

SURABAYAPAGI.com - Kebun teh terbaik di Indonesia terbilang banyak. Wajar saja bila sekarang ini berada di peringkat ke tujuh sebagai penghasil teh terbesar di dunia. Pulau Jawa dan Sumatera tercatat memiliki banyak kebun teh, yang sudah mengekspor hasilnya ke mancanegara. Nah, inilah beberapa daftar kebun teh bermutu tinggi dan dihiasi dengan panorama nan eksotis di Indonesia versi Gotravelly.

1. Kebun Teh Kemuning

Hasil gambar untuk Kebun Teh Kemuning

Kebun teh ini berada di kawasan kota kelahiran presiden Joko widodo yakni Solo. Jadi kalau ingin mencari suasana nan asri dan cantik bisa mendatanginya. Perkebunan teh ini berada di kaki atau lereng Gunung Lawu, yang berada di kawasan Karanganyar.

Udara segar begitu terasa saat berada di kawasan perkebunan teh. Sehingga membuat wisatawan betah dan enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Keindahan alamnya memang sudah sangat termasyur dengan suasana yang sangat menenangkan. Tidak hanya bisa menikmati keindahannya saja, anda juga bisa merasakan citarasa teh asal kebun teh kemuning tersebut.

Ada rumah teh Bale Branti dan Ndoro Donker yang menyuguhkan minuman teh dari perkebunan tersebut. Kesegaran minuman tehnya bisa menjadi kenangan berharga dan membuat anda ingin balik lagi ke tempat tersebut.

2. Kebun Teh Rancabali

Hasil gambar untuk Kebun Teh Rancabali

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang mempunyai banyak kebun teh. Keindahan alamnya sudah dikenal wisatawan domestik dan mancanegara sejak lama. Kebun Teh Rancabali termasuk dalam daftar kebun teh terbaik di bumi parahyangan tersebut.

Kualitas tehnya juga sangat bagus, sehingga disukai pasar lokal dan internasional. Kebun teh ini sudah dikembangkan sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1870.

Saat mengunjungi kebun teh ini, anda tidak hanya bisa menyaksikan panorama alamnya saja. Tapi juga bisa belajar seluk beluk cara pengelolaan dari perkebunan tehnya.

Jadi anda bisa mendapatkan informasi terkait dengan cara pembibitan sampai dengan pemetikan daun teh terbaiknya. Dengan begitu, ada ilmu seputar berkebun teh yang bisa dibawa pulang.

3. Kebun Teh Nglinggo

Hasil gambar untuk Kebun Teh Nglinggo

Yogyakarta juga memiliki kebun teh berkualitas dengan pemandangan cantik. Kebun Teh Nglinggo berada di kawasan Kabupaten Kulonprogo. Kawasan ini berada di bagian barat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan kebun teh saja. Anda juga bisa sembari mendaki puncak Kedeng Gunung Kudusan, untuk menyaksikan keindahan lain dari bumi Kasultanan Ngayogyakarta.

Selain menikmati alamnya yang mempesona, anda juga bisa membeli oleh-oleh khas berupa produk olahan dari daun teh. Warga samigaluh yang tinggal di dekat perkebunan teh yang mengolahnya. Sehingga hasil perkebunannya bisa dinikmati oleh setiap orang.

4. Kebun Teh Tambi

Hasil gambar untuk Kebun Teh Tambi

Perkebunan teh ini terletak di kawasan dataran tinggi Dieng yang dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Kesegaran dan kesejukan udaranya sangat terasa saat anda singgah di perkebunan teh tersebut. Pemandangan alamnya juga sangat memikat, sehingga benar-benar memanjakan mata.

Lokasi Kebun Teh Tambi di kawasan Pegunungan Sindoro. Perkebunan ini masih dikelola PT Tambi, sehingga pengelolaan kebun tehnya sangat profesional. Dengan begitu, hasil tehnya sangat berkualitas dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmat minuman teh.

5. Kebun Teh Sukawana

Hasil gambar untuk Kebun Teh Sukawana

Kebun teh ini pernah menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Petualangan Sherina. Dalam adegan kejar-kejaran antara Sadam dan Sherina dilakukan di kebun teh tersebut. Perkebunan teh ini berada di wilayah Jawa Barat tepatnya di Lembang.

Keberadaan perkebunan teh ini sangat terkenal, sehingga banyak wisatawan yang berdatangan setiap harinya.

Popularitasnya menjadikan Kebun Teh Sukawana sebagai ikon pariwisata kota Bandung. Pemandangan alamnya memang begitu eksotis. Apalagi dengan keberadaan gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu sebagai latar belakangnya.

Sudah pasti siapa saja yang menyaksikannya akan berdecak kagum dengan keindahan panoramanya.

6. Kebun Teh Kaligua

Hasil gambar untuk Kebun Teh Kaligua

Bawang merah dan telur asin menjadi ikon Kabupaten Brebes. Sebenarnya tidak hanya itu saja kekayaan kota ini. Brebes juga mempunyai perkebunan teh bermutu tinggi, dan pastinya diselimuti pemandangan alam yang begitu menggoda. Kebun Teh Kaligua menyuguhkan keindahan alam dan udara yang sangat menyegarkan.

Perkebunan teh ini diklaim sebagai salah satu dari penghasil teh hitam berkualitas tinggi yang diolah dalam beragam bentuk. Pengelolaan kebun teh ini juga sudah dilakukan pada era kolonial Belanda. Dengan usia yang sudah ratusan tahun tersebut, pastinya menjadi destinasi wisata yang sangat menawan.

7. Kebun Teh Gunung Mas

Hasil gambar untuk Kebun Teh Gunung Mas

Perkebunan teh ini berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Keberadaannya relatif dekat dengan ibukota Jakarta. Sehingga menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga Jakarta. Pemandangan alamnya dijamin membuat siapa saja betah berlama-lama di kawasan tersebut. Anda bisa menyusuri berbagai petak kebun teh terbaik di Indonesia yang terbentang luas ini.

Pemandangan unik lainnya bisa disaksikan bila saatnya panen. Anda bisa menjumpai banyak para pekerja yang tengah memetik daun teh bermutu bagus. Sehingga bisa menjadi pemandangan lain dari eksotisme panorama alamnya. Sangat cocok sebagai destinasi wisata yang bisa menghilangkan penat.

8. Kebun Teh Sidamanik

Hasil gambar untuk Kebun Teh Sidamanik

Perkebunan teh ini terbentang luas di kawasan Pematang Siantar yang termasuk wilayah Sumatera Utara. Setidaknya terdapat tiga kebu teh besar di daerah ini, seperti Sidamanik, bah Bontong dan Toba Sari. Luas perkebunan teh Sidamanik terbilang yang terluas, karena memiliki luas hingga 8.373 hektar.

Teh hitam asal perkebunan Sidamanik juga tercatat sebagai salah satu yang bermutu tinggi di Indonesia. Anda tidak hanya bisa menikmati kesegaran udara dan panorama cantik saja. Tetapi juga bisa membeli hasil teh hitam dari perkebunan tersebut. Sehingga anda bisa menikmati citarasa teh asli dari kebunnya langsung.

9. Kebun Teh Wonosari

Hasil gambar untuk Kebun Teh Wonosari

Perkebunan teh ini terdapat di kawasan Malang, Provinsi Jawa Timur. Ada berbagai wahana yang bisa dinikmati pengunjung atau wisatawan selain menikmati panorama alamnya nan cantik. Anda bisa mendatangi kebun binatang dan bermain flying fox.

Bagi anda yang ingin menginap di kawasan perkebunan teh juga sudah disediakan hotel yang nyaman.

Selain itu, saat berada di Kebun Teh Wonosari anda juga bisa merasakan keseruan dalam memproses daun tehnya hingga siap untuk diaplikasikan dalam minuman.

Pengetahuan ini pastinya sangat berharga bagi para pecinta minuman teh. Dengan memahami proses pembuatannya pastinya akan menambah kecintaan anda pada teh.

10. Kebun Teh Kayu Aro

Hasil gambar untuk Kebun Teh Kayu Aro

Kebun teh ini berada di kaki Gunung Kerinci yang termasuk wilayah Provinsi Jambi. Kebun Teh Kayu Aro tercatat sebagai perkebunan teh paling tinggi kedua di dunia.

Selain itu, termasuk dalam kebun teh terluas di kawasan Indonesia, bahkan terbesar se Asia Tenggara. Sebagai bukti kalau perkebunan teh ini merupakan aset penting bagi negeri ini.

Nah, itulah sepuluh daftar kebun teh terbaik di Indonesia, yang bisa menjadi bukti kekayaan alam nan melimpah. Mengunjungi kebun-kebun teh tersebut tentunya memberikan pengalaman yang berkesan dan menyenangkan. Ayo rencanakan perjalanan anda dengan orang-orang terkasih.